Kemenag Lahat Terapkan Nikah Gratis

Ilustrasi Buku Nikah | Dok KS

Ilustrasi Buku Nikah | Dok KS

LAHAT – Dengan acuan Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2014, mengenai nikah gratis di Kantor Urusan Agama terdekat denga catatan nikah dilakukan pada jam kerja terhitung 10 Juli 2014.

Sejauh ini Kementerian Agama Kabupaten Lahat telah menerapkan peraturan pemerintah tersebut, selama tahun 2014 sudah terhitung 300 pasang pengantin telah menikah gratis di KUA dimasing-masing kecamatan.

Jika menikah di luar KUA, walaupun rumahnya bersampingan dengan KUA, nikahnya masih dikenakan pembayaran sebesar Rp 600 ribu.
Kepala Kemenag Lahat H Winhartan menjelaskan, peraturan tersebut telah dikeluarkan, jika mau nikah gratis maka datanglah ke KUA dan menikah di Kantor KUA.

“Kami himbau kepada masyarakat bahwa Kemenag telah menerapkan nikah gratis asal menikah di KUA, jika masih dipintai uang maka langsung lapor kepada kami, nanti biar kami memberikan sanksi kepada petugas,” himbaunya.

Ia melanjutkan, nikah gratis ini sudah termasuk buku nikah dan administrasi nikah lainnya, terkecuali menikahnya di luar KUA walaupun rumahnya berdampingan.

“Kapan lagi kita menerapkan peraturan pemerintah sekarang ini jika bukan sekrang, untuk itu gunakanlah hak kalian sesuai dengan peraturan yang berlaku, dengan demikian peraturan yang digelontorkan pemerintah berhasil dilaksanakan,” tegasnya.

 

TEKS      : JUMRA ZEFRI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *