Pertahanan SFC Belum Solid

Coach SFC (Subangkit) Sedang Memberikan Arahan Kepada Pemain SFC

Coach SFC (Subangkit) Sedang Memberikan Arahan Kepada Pemain SFC

PALEMBANG – Menjelang duel melawan Persijap Jepara,  (15/8) dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014, skuad Sriwijaya FC masih dibayangi kekhawatiran akan lemahnya benteng pertahanan.

Hal itu terlihat dari laga uji coba lawan tim Diklat Kudus di Lapangan Getas, Kudus, Sabtu (9/8), kendati Laskar Wong Kito unggul 4-0 tanpa balas dalam laga berdurasi  45 menit itu. Lantaran babak kedua terpaksa tidak dilanjutkan akibat  turun hujan deras disertai sambaran petir.

Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit mengakui, hilangnya beberapa pemain inti di sektor belakang memang membuat benteng pertahanan kurang tangguh. Lantaran pemain yang diplot sebagai pengganti bukan pemain yang biasa beroperasi pada tempatnya.

Seperti diketahui, Rishadi Fauzi dan Sumardi diduetkan sebagai bek tengah, sementara Septarianto bek kanan dan M Hamzah bek kiri pada uji coba itu. Idealnya, Septa biasa bermain sebagai gelandang bertahan, Rishadi sebagai  striker, Sumardi  bek kiri dan  Hamzah bek kanan.

“Kinerja empat pemain belakang masih  perlu dibenahi,  terutama komunikasi dua bek tengah, Sumardi dan Rishadi,” kata  Subangkit.

Disisi lain, meski SFC  mampu menyarangkan empat gol ke gawang lawan,  Cak Su, sapaan akrab pelatih asal Pasuruan itu, masih akan  memperbaiki penyelesaian akhir timnya. “Finishing ini akan terus kita asah, terutama suport dari lini tengah saat striker kuasai bola. Progress pastinya ada,” terang mantan pelatih Persiwa Wamena itu.

Hal senada dilontarkan wakil kapten SFC, Asri Akbar. Menurut gelandang enerjik ini, kendati mereka  menang, namun pertahanan SFC seringkali mendapat ancaman dari lawan. Sementara untuk lini depan dan tengah dinilainya sudah cukup baik.

“Sektor belakang belum kompak dan solid. Karena pemainnya bukan bermain pada posisi aslinya.  Mungkin karena empat pemain ini tidak pada posisi idealnya, jadi sektor belakang sedikit lemah,” kata Asri.

“Secara keseluruhan teman-teman sudah kompak, tapi di lini belakang memang komunikasi saja yang  masih kurang. Karena Rishadi dan Septa masih adaptasi sebagai bek,” tambah pemain belakang SFC, M Hamzah.

 

TEKS : IQBAL

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *