Memikat Wisatawan ke Pulau Kemaro

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Keberadaan Pulau Kemaro di Palembang sudah sangat terkenal. Pulau kecil di tengah Sungai Musi tersebut memiliki sejarah panjang yang melegenda. Keindahannya memuat banyak masyarakat tertarik untuk mengunjunginya.

Merespon kondisi  tersebut Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membangun dermaga di Pulau Kemaro untuk mendukung ramainya kunjungan masyarakat ke tempat itu teruatama saat perayaan Imlek yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Berkaitan dengan itu Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel,  Musni Wijaya di Palembang, Jumat, mengatakan pembangunan dermaga tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2014.

“Pembangunan dermaga tersebut bertujuan untuk mendukung fasilitas Pulau Kemaro yang saat ini rutin dikunjungi masyarakat terutama saat perayaan imlek,” katanya.

Selain itu, menurut dia  pembangunan dermaga tersebut untuk mendukung pemerintah kota dalam bidang pariwisata. Apalagi, wisata sungai saat ini masih menjadi andalan daerah sehingga dermaga  sangat diperlukan, kata dia.

“Memang, Pulau Kemaro sangat berpotensi untuk menjadi objek wisata karena lokasi yang dapat ditempuh dengan waktu hanya 15 menit dari pusat kota,” katanya.

Namun, pihaknya berharap agar pemerintah pusat juga mendukung agar Pulau Kemaro menjadi objek wisata yang lebih maksimal.

Mengenai dana pembangunan sendiri, menurut dia, semula dianggarkan Rp6 miliar tetapi setelah adanya pengurangan sehingga menjadi Rp3 miliar.

Dengan dikuranginya anggaran tersebut maka pihaknya juga memprioritaskan pembangunan yang ada.
“Bangunan utama tetap diprioritaskan tetapi kemungkinan pagar agar dikurangi dan dilanjutkan secara bertahap,” kata dia.

 

TEKS    : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR    : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *