Lowongan CPNS SMA Harus Bersertifikasi, Pemkab Empat Lawang Dituding Diskriminatif

ilustrasi

ilustrasi

EMPAT LAWANG – Masyarakat Kabupaten Empat lawang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, mengkaji ulang adanya lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus SMA yang harus bersertifikasi.

Mereka keberatan, lowongan SMA yang hanya untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) karena harus memiliki sertifikasi sebagai Sat Pol PP. Artinya lowongan itu, hanya mengkhususkan orang-orang tertentu bukan untuk masyarakat umum.

Rizal (24), warga Kecamatan Tebing Tinggi yang dibincangi Kabar Sumatera, Minggu (10/8) pesimis bisa mengikuti seleksi CPNS di Empat Lawang mendatang. Pasalnya, walaupun pemkab membuka kesempatan lulusan SMA untuk mengikuti seleksi CPNS.

“Tetapi, ada persyaratan khusus yakni harus bersertifikasi. Bagaimana mau ikut, itu sama saja diskriminatif. Ada kesan pengkotak-kotakan, kenapa tidak dari dulu bilang seperti itu sehingga tidak menjadi harapan kosong saja bagi masyarakat,” kata Rizal, kemarin.

Ditambahkannya, dengan adanya persyaratan khusus itu menyebabkan peluang lulusan SMA sirna, padahal untuk di Kabupaten Empat lawang yang tamatannya SMA begitu banyak. Rizal berharap Pemkab Empat Lawang, mengkaji ulang persyaratan khusus tersebut.

Sehingga masyarakat dapat berkompetisi secara baik mengikuti kegiatan tes CPNS formasi SMA. “CPNS untuk SMA kan langkah, di daerah lain banyak yang ngusul tidak diterima, disini ada tetapi hanya untuk orang tertentu saja,”imbuhnya.

Sementara itu Kepala BKD Kabupaten Empat Lawang, Januarsyah Hambali mengakui, formasi itu bukannya pilih kasih namun itu sudah ketetapkan oleh pusat. “Ada alokasi tingkat SMA. Namun alokasinya hanya enam orang, yaitu untuk Sat Pol PP dengan catatan sudah sertifikasi. Sementara kebutuhan formasi SMA lainnya seperti tenaga arsif kantor dan sopir ambulan, akan tetap diusulkan kembali dan kemungkinan menunggu penerimaan di tahun mendatang,” tukasnya.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com