Duh, Obat Kuat & Perangsang Dijual Bebas

Ilsutrasi | Dok KS

Ilsutrasi | Dok KS

BATURAJA – Miris, mungkin kata ini yang paling tepat. Bagaimana tidak, obat kuat dan obat perangsang sangat mudah ditemukan di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Obat itu, sangat mudah didapatkan karena dijual bebas di apotek di Baturaja sehingga membuat warga resah.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, Minggu (10/8), di sejumlah apotek di Baturaja sangat mudah ditemukan obat-obatan tersebut dan dijual bebas kepada semua kalangan termasuk pelajar.

Di salah satu apotek yang terletak di Jalan Lintas Sumatera, Baturaja misalnya. Di apotek yang lokasinya persis di samping Jalan Tihang, Kelurahan Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur itu, siapa saja bisa dengan membeli obat perangsang dan obat kuat.

Bahkan, pegawai di apotek itu tidak segan-segan menjualkan produk tersebut. “Ada kak, tidak perlu dengan resep dokter,” kata salah satu pegawai di apotek tersebut saat wartawan koran ini mencoba menanyakan salah satu jenis obat perangsang.

Kondisi ini, tak pelak mengundang keprihatinan warga. Mutaqiuddin, salah satu warga Baturaja yang dibincangi Kabar Sumatera menyayangkan tidak ada tindakan dari petugas dan instansi terkait untuk menindak hal tersebut.  “Mudah mendapatkannya, tidak hanya di apotek itu tetapi juga di apotek lainnya. Semua bisa membelinya, bahkan pelajar,” sesalnya.

Beredar bebasnya obat kuat dan perangsang ini terang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab OKU itu, bisa membuat terjadinya seks bebas dikalangan remaja. Karena terangnya, tidak jarang ada remaja dan pelajar yang membeli obat itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) OKU, Saiful Kamal yang dibincangi terpisah berjanji akan segera melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke semua apotek di OKU. Jika ada optek yang ketahuan menjual obat kuat dan obat perangsang itu secara bebas maka akan diberikan sanksi.  “Kita akan tindak tegas jika ada apotek, yang menjual obat kuat dan obat perangsang secara bebas,” tegasnya.

Ia menerangkan, ada 22 jenis produk obat-obatan yang dilarang beredar. Yakni Blue Moon, Indonesia, Kobra X-Kapsul, Kuat Tahan Lama, Otot Madu, Rama Stamina, Top One-Kapsul, Urat Prakasa-Kapsul serta Teraza.

“Obat-obatan itu, dilarang oleh BPOM untuk beredar. Karena dalam obat itu, mengandung dua jenis bahan kimia yakni sildenafil dan tadalafi. Jika di konsumsi, bisa menyebabkan sakit kepala, pusing, dyspepsia, mual, nyeri perut, ganguan penglihatan, perintis atau radang hidung, infarak mio kard, nyeri dada, denyut jantung cepat, penurun darah dan kematian,” tukasnya.

 

TEKS          : MUSLIM

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *