Bagi Truk Batubara Nakal, Masih Melintas akan Ditilang

Truk Batubara

Truk Batubara

PALEMBANG – Maraknya angkutan batubara yang masih melintas di jalan umum/jalan negara membuat Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumatera Selatan (Sumsel), berang.

Kepala Dishubkominfo Sumsel, Musni Wijaya menyebut akan melakukan tilang terhadap angkutan truk batubara, yang masih melintas di jalan umum. “Kita rencanakan akan melakukan tilang di tempat terhadap truk-truk yang masih melanggar,” kata Musni saat dibincangi, kemarin.

Dalam melakukan tilang ditempat tersebut, Dishubkominfo akan bekerjasama beberapa pihak terkait. “Kita akan mengajak pihak pengadilan, kejaksaan dan kepolisian dalam melakukan tilang ditempat ini,” terang Musni.

Musni menjelaskan, rencana kebijakan tilang ditempat yang akan dilakukan pihaknya terhadap angkutan truk batubara tersebut sedang dalam proses pengkajian. “Kita sudah buat surat ke pengadilan, untuk membuat surat tilang denda maksimal dan saat ini sedang dikaji dulu mengenai kebijakan ini,” jelasnya

Dengan dilakukan tilang ditempat tersebut, diharapkan dapat membuat efek jera para angkutan truk batubara yang masih melintas di jalan umum. “Mudah-mudahan dengan adanya kebijakan tilang ditempat ini dapat meminimalisir angkutan truk batubara yang melintas di jalan umum,” bebernya.

Saat ditanya mengenai jalur khusus angkutan batubara yang dibangun PT Servo, Musni belum mau berkomentar banyak. “Saat ini jalan khusus angkutan batubara yang dibangun PT Servo tersebut sedang dilakukan pengujian,” tukasnya.

Sebagai informasi, sebelumnya angkutan batubara sudah dilarang melintas di jalan umum dan  hanya diperbolehkan melintas di jalan khusus. Larangan ini, sudah diberlakukan sejak awal tahun namun sampai saat ini masih banyak angkutan batubara yang melintas di jalan sehingga dikeluhkan masyarakat.

 

TEKS         : IMAM MAHFUZ

EDITORD        : DICKY WAHYUDI

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *