39 Kotak Suara Pilpres Dibuka

Ilustrasi

Ilustrasi

PAGARALAM – Upaya melakukan pembuktian terhadap perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan tim Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagaralam, Sabtu (9/8) kemarin membuka 39 Kotak Suara dari 39 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 22 Kelurahan 4 Kecamatan.

Ketua KPU Pagaralam Yenli Elmanoferi SE mengatakan, pembukaan kotak suara dilakukan guna mengambil alat bukti yang dibutuhkan oleh pasangan calon penggugat sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi.

“Ya, hanya 39 kotak suara dari sejumlah TPS di beberapa kecamatan yang dibuka,” jelasnya.

Adapun berkas yang diambil lanjutnya, berupa kelengkapan berita acara yang dibutuhkan oleh penggugat, diantaranya berkas formulir C, C1, C1 Hologram yang menyangkut perolehan suara di TPS , serta formulir C7 (Daftar hadir tambahan).

“Hal itu dilakukan guna Ini menyinkronkan data bilamana terjadi kekeliruan saat pembuktian di MK,” ujarnya.

Disinggung apakah pembukaan kotak suara dimaksud tidak menyalahi prosedur, dengan tegas Yenli menyatakan semua sesuai dengan keputusan MK.

“Sejak kemarin, rata-rata KPU Daerah terutama di Sumsel membuka kotak tersebut,” tegasnya.

Sementara mengenai adanya kecurangan Pilpres di sejumlah TPS yang mengharuskan KPU membuka kotak, ia menegaskan tidak ada temuan pelanggaran atau kecurangan melainkan hanya kekeliruan dari penulisan administrasi.

“Sejauh ini hanya ada kekeliruan administrasi. Sebab itu, hasil dari pembukaan kotak ini nantinya akan langsung dikirim ke MK,” katanya.

Sesuai informasi yang dihimpun di lapangan, diperoleh 39 Kotak suara yang dibuka adalah 11 Kotak dari Kecamatan Pagaralam Utara yakni TPS 12 Kelurahan Beringin Jaya, TPS 3 dan 8 Kelurahan Alun Dua, TPS 10 dan 20 Kelurahan Pagaralam, TPS 5 Kelurahan Selibar, TPS 2 Kelurahan Kuripan Babas,TPS 5 dan 2 Kelurahan Bangun Jaya, TPS 1 Kelurahan Curup Jare dan TPS 1 Kelurahan Dempo Makmur.

Kemudian Kecamatan Pagaralam Selatan sebanyak 15 Kotak di antaranya TPS 5,8,9,11, dan 15 Kelurahan Sidorejo, TPS 7,14,17,18, dan 22 Kelurrahan Besemah Serasan, TPS 8 Kelurahan Ulu Rurah, TPS 14 Tebat Giri Indah, TPS 16 kelurahan Nendagung, TPS 4 Kelurahan Gunung Dempo dan TPS 2 Kelurahan Tumbak Ulas.
Di Kecamatan Dempo Utara,TPS 1 dan 2 Kelurahan Agung Lawangan,TPS 2 dan 3 Kelurahan Jangkar Mas, TPS 2,5 dan 11 Kelurahan Bumi Agung.

Untuk Kecamtan Dempo Tengah, TPS 5 Kelurahan Jokoh, TPS 5 dan 6 Kelurahan Padang Temu, TPS 9 Kelurahan Candi Jaya dan TPS 4 dan 8 Kelurahan Pelang Kenidai.

Sedangkan untuk Kecamatan Dempo Selatan tidak ada kotak suara dari TPS yang dibuka dan pembukaan kotak suara Pilpres tersebut disaksikan oleh Panitia Pengawas Pemilu dan aparat kepolisian setempat. Sehingga tidak ada permainan atau kecurangan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu mengingat pihaknya sudah bekerja secara prosedural.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *