2015, Tujuh Kabupaten Gelar Pemilukada

ilustrasi Pemilu | Dok KS

Ilustrasi Pemilu | Dok KS

PALEMBANG – Pada 2015 mendatang, ada tujuh kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) yang bakal menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).             Kelima kabupaten yang akan menggelar pemilukada tersebut yakni Kabupaten Musirawas (Mura), Ogan Ilir (OI), OKU Timur, OKU Selatan, OKU, Muratara dan PALI.

Namun, apakah pemilukada itu akan dilakukan secara serentak atau disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan masing-masing kepala daerah, masih belum dibahas oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, maupun KPU kabupaten/kota.

“Sampai saat ini kita belum membahas masalah itu. Namun kita berharap Pemilukada Kabupaten/kota yang akan berlangsung 2015 mendatang, bisa dilaksanakan secara serentak,” kata Komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi, kemarin.

Menurutnya, pemilukada kabupaten/kota ini baru akan dibahas setelah pemilihan presiden (pilpres), dan pelantikan DPRD provinsi serta DPRD kabupaten/kota selesai dilakukan. “Saat ini, kita fokus dulu dengan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk hadapi PHPU Pilpres 2014. Bila masalah pilpres dan pelantikan dewan kelar, baru kita membahas pemilukada disejumlah kabupaten/kota di Sumsel,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris KPU Sumsel, HM Daud HN menambahkan, dari tujuh kabupaten yang menggelar pemilukada tersebut lima diantaranya adalah kabupaten defenitif dan dua kabupaten lainnya adalah hasil pemekaran.

“Kapan tanggal pasti, pelaksanaan pemilukada nya belum dipastikan. Kita akan susun anggarannya dulu. Tetapi sampai saat ini, belum ada pengajuan anggaran dari daerah untuk pelaksanaan pemilukada tersebut. Sementara untuk PALI, sudah menganggarkan anggaran untuk pemiludanya,” tukasnya.

 

TEKS        : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *