45 DPRD Terpilih Tunggu SK Gubernur

DPRD

KAYUAGUNG – 45 nama anggota DPRD Ogan Komering Ilir (OKI) terpilih, tinggal menunggu surat keputusan (SK) dari  gebuernur Sumsel, agar bisa dilantik pada  18 September 2014 mendatang.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan, mengatakan  sebanyak 45 nama anggota DPRD OKI terpilih sudah  disampaikan kepada gubernur Sumsel  melalui Bupati OKI sebagai tindak lanjut dari hasil pleno KPU tentang penetapan jumlah kursi dan calon terpilih.

“Selanjutnya berdasarkan surat yang disampaikan bupati tersebut, Gubernur Sumsel  akan mengeluarkan SK pengesahan anggota DPRD OKI periode 2014-2019 dan pemberhentian anggota DPRD Inhu periode 2009-2014,” kata Dedi.

Penyampaian berita acara kepada gubernur Sumsel merupakan momen penting kepada calon terpilih untuk selanjutnya diagendakan pelantikan. Karena, setelah SK pemberhentian anggota DPRD OKI 2009-2014 dan SK pengangkatan anggota DPRD 2014-2019 dikeluarkan gubenur Sumsel, selanjutnya disampaikan kepada pimpinan DPRD OKI. Kata Dedi, 45 nama caleg yang telah ditetapkan tersebut, tidak ada perubahan.

“Mengenai pelantikan sendiri bukan menjadi kewenangan KPU, melainkan wewenang gubernur atau pemerintah kabupaten/kota,” paparnya.

Sekretaris Dewan DPRD OKI Ahmad Fauzi mengatakan, pelantikan 45 anggota DPRD OKI periode 2009-2014 terpilih hasil pemilihan umum legislatif 9 April 2014 rencananya dilaksanakan 18 September 2014.

“Tetapi itu baru rencananya, untuk teknisnya belum dibahas karena SK gubernur belum kita terima,” katanya, Jumat (8/8)

Dalam persiapan pelantikan, nanti kata sekwan,   DPRD OKI akan langsung melaksanakan rapat persiapan pelantikan. Namun, dalam rapat itu, pihak DPRD juga akan menetapkan pimpinan sementara.

Pimpinan sementara itu, sebagai pimpinan dalam pelaksanaan rapat paripurna pelantikan anggota terpilih.

”Hanya saja untuk penetapan pimpinan sementara itu tergantung kesepakatan anggota terpilih, bisa saja mengambil anggota tertua dan anggota termuda,” ungkapnya.

 

TEKS    :  DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *