Tinggi Gelombang Capai 6 Meter Lebih, Basarnas Stop Pencarian Speedboat Tenggelam

Ilustrasi Basarnas | Foto : republika.co.id

Ilustrasi Basarnas | Foto : Republika.co.id

KAYUAGUNG – Pencarian korban hilang akibat tenggelamnya speedboat di asal Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, Kabupaten OKI di laut Bangka, Selasa (5/8) siang oleh tim Basarnar terpaksa dihentikan sementara lataran tingginya ombak yang mencapai enam meter lebih.

Sementara selama pencarian korban, tim Basarnas bersama Sat Pol Air Polres OKI hingga memasuki hari ketiga belum juga membuahkan hasil.  “Belum ada tanda-tanda penemuan, baik dari bangkai speedboat, pakaian para korban, bahkan satupun korban tak berhasil ditemukan,” kata Kepala Kepolisian Resort (Polres) OKI, AKBP Erwin Rachmat melalui Kasat Pol Air, AKP Heri Lawata, Kamis (7/8).

Kendati pencarian dihentikan namun kata Heri, Basarnas sangat berharap kepada para nelayan yang setiap hari melakukan aktivitasnya di laut untuk membantu, pencarian para korban.  “Bila nanti ada nelayan yang menemukan salah satu korban atau petunjuk lainnya yang bisa membantu, tolong hubungi kami,” harapnya.

Untuk sopir atau serang speedboat naas tersebut yakni Zainal, menurut mantan Kapolsek Kota Kayuagung ini, telah berhasil diamankan. Ia kemungkinan bisa jadi tersangka. Kerena yang dinilai lalai dalam mengemudikan speedboatnya, hingga menghilangkan nyawa orang banyak. “Dia bisa dikenalkan pasal 359 KUHP, akibat kelalaian hingga menghilangkan nyawa seseorang dengan hukum maksimal 5 tahun,” bebernya.

Sebagai informasi, diberitakan Kabar Sumatera sebelumnya, Selasa (5/8), speedboat bermuatan 32 orang asal Sungai Lumpur, Kecamatan Cengal, tenggelam saat berada di Laut Bangka.

Dari 32 penumpang, delapan penumpang belum ditemukan hingga saat ini. Sisanya 24 penumpang selamat dan sempat mendapatkan perawatan di Puskesmas Tulung Selapan. Hingga kemarin, tinggal satu penumpang speedboat naas itu masih kritis, dan masih dirawat di Puskesmas Tulung Selapan.

 

TEKS          : DONI AFRIANSYAH

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com