Teror SMS Ancaman Dimutasi ke Daerah Terpencil Bikin Guru Resah

Ilustrasi SMS | Ist

Ilustrasi SMS | Ist

EMPAT LAWANG – Sejumlah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kabupaten Empat Lawang, resah. Pasalnya, belakangan mereka mendapatkan teror short messege service (SMS) gelap, yang isinya ancaman mutasi ke sekolah terpencil bagi para guru penerimanya.

SMS itu dari beberapa nomor phonsel seperti 082280003719, mengatasnamakan pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empat Lawang. Sontak saja, maraknya SMS gelap ini memicu kegalauan para guru.

“Ini pesannya ancaman, bahwa saya akan dimutasi ke SMA Kecamatan Paiker. Pengirim SMS itu ngakunya dari BKD Empat Lawang,” ungkap YN, guru salah satu SMA di Kecamatan Tebing Tinggi, Kamis (7/8).

Diakuinya, sudah beberapa kali mendapat SMS gelap berisi ancaman tersebut. Tentu ini membuatnya resah karena, jika memang benar-benar dimutasikan, ia mengaku belum siap dan merasa tidak ada kesalahan di sekolah tempatnya mengajar saat ini. “Terusa terang cukup khawatir, semoga saja hanya dari orang-orang yang iseng,” akunya.

Hal serupa juga diungkapkan Han, salah satu guru SMP Negeri di Tebing Tinggi. Menurut Han, ia pernah ditelpon dari seseorang yang mengaku dari BKD Empat Lawang. Lebih parahnya lagi, oknum tersebut mengaku bisa mempertahankan posisinya di SMP Tebing Tinggi, jika Han bisa diajak kerjasama.

“Dia minta sejumlah uang, tapi belum ditetapkan jumlahnya. Saya ajak ketemu, ia masih menolak dengan alasan yang tidak jelas,” beber Han.

Sumber koran ini menyebutkan, maraknya SMS gelap berisi ancaman mutasi guru adalah modus baru penipuan. Tak jarang ada kongkalikong untuk mempertahankan posisi di sekolah tertentu, padahal pelaku diduga bukan pegawai BKD Empat Lawang. “Mungkin ada yang ingin mencari keuntungan, dengan memeras para guru,” cetus sumber koran ini.

Sementara itu Kepala BKD Empat Lawang, Januarsyah Hambali menegaskan, hingga saat ini tidak ada mutasi terhadap guru di sekolah-sekolah yang ada di Empat Lawang. Menurutnya, mutasi guru hanya bisa dilakukan, setelah adanya rekomendasi dari Dinas Pendidikan, dengan alasan-alasan yang bisa dipertanggungjawabkan.  “Jangankan mutasi, usulan dari Disdik pun belum kami terima. BKD tidak bisa melakukan mutasi, jika tida ada usulan dari Disdik,” jelas Januarsyah.

Ia menambahkan, yang mengetahui kondisi dan situasi di sebuah instansi, adalah instansi yang menaunginya sendiri. Misalnya, kekurangan dan kelebihan guru di suatu sekolah, Disdik lah yang lebih tahu data-data dan kondisi riil nya. “Jika masih ada yang menelpon atau kirim SMS seperti itu, abaikan saja dan tidak perlu ditanggapi karena itu jelas-jelas penipuan,” tukasnya seraya mengingatkan, agar para guru tidak resah dengan SMS gelap, jika ada keraguan silakkan koordinasi ke BKD Empat Lawang.

 

TEKS         : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *