“Telok Abang” Nasibmu Kini….

Ilustrasi Telok Abang (Telur Merah) | Ist

Ilustrasi Telok Abang (Telur Merah) | Ist

PALEMBANG – TIAP kali menjelang peringatan HUT kemerdekaan RI, selalu ada tradisi unik di Palembang, yakni munculnya “telok abang”. Kebiasaan yang telah menjadi tradisi turun temurun ini tampaknya mulai tertelan jaman sehingga kesemarakan telok abang dari tahun ke tahun mengalami penurunan.

Untuk meningkatkan animo masyarakat akan tradisi tersebut Pemerintah Kota Palembang menyelenggarakan Festival “Telok Abang”  dalam rangka  memeriahkan HUT ke-69 Kemerdekaan RI atau Agustus-an tahun ini.

“Festival Telok Abang juga dibarengi Telok Ukan dan Telok Pindang yang selama ini telah menjadi tradisi turun temurun dalam rangkaian kegiatan HUT RI,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang, Yanuarpan, Kamis (7/8) kemarin.

Menurut dia, Festival Telok Abang, Telok Ukan, dan Telok Pindang akan dilaksanakan pada Kamis (14/8). “Masyarakat yang ingin berpartisipasi, silakan datang mendaftar untuk ramai-ramai memeriahkan HUT RI,” katanya.

Ia mengatakan selama ini meskipun eksistensi Telok Abang, Ukan dan Pindang masih ada, tetapi belum secara luas dikenal, padahal Telok Abang merupakan tradisi pasca-penetapan Hari Kemerdekaan oleh pendahulu Palembang.

“Telok Abang berupa telur rebus berwarna merah yang biasanya ditancapkan di atas perahu, mobil-mobilan tersebut dari kayu atau kardus,” katanya.

Sementara itu, Telok Ukan merupakan bahan makanan berupa adonan bolu yang dimasukkan dalam cangkang telur bebek yang kemudian ditutup untuk dikukus dan akhirnya dinikmati.

“Khusus Telok Pindang tentunya tidak hanya lazim disajikan saat Agustusan, tetapi juga masih sering dijumpai sebagai lauk makan pada hari-hari biasa,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan Lomba Biduk (15/8), Parade Getek Hias (16/8), Panjat Pinang (17/8), dan kegiatan lainnya untuk memeriahkan Agustus-an.

“Warga yang datang ke Plaza Benteng Kuto Besak dapat menyaksikan kegiatan tersebut sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan,” tambahnya.

 

TEKS   : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR  : SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *