Oktober, Dermaga Pulau Kemaro Selesai

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

Pulau Kemaro | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Penantian para pemilik kapal untuk bisa menyandarkan kapalnya di Pulau Kemaro, nampaknya akan segera terwujud. Pasalnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel menyatakan, pembangunan dermaga di Pulau Kemaro akan selesai tahun ini juga.

Jika dermaga tersebut selesai dibangun, maka kelancaran akses jalur air bisa semakin lancar. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dishubkominfo Sumsel, Musni Wijaya ketika dibincangi, Kamis (7/8).

Menurut Musni, progres pembangunan dermaga di Pulau Kemaro sudah memasuki tahap finishing. Oleh sebab itu, ia memastikan selesainya di tahun 2014 ini. “Namun, secara pasti kapan selesainya pembangunan dermaga ini saya lupa bulan apa, tetapi bisa dipastikan pada tahun ini juga akan clear dan juga siap untuk dioperasikan,” katanya.

Meskipun belum menentukan secara pasti kapan akan selesai, tapi pihaknya menargetkan pembangunannya akan selesai paling lambat Oktober mendatang. “Tahun depan dermaga itu sudah bisa digunakan untuk kegiatan imlek,” ujar Musni.

Musni menjelaskan, pembangunan dermaga yang dilakukan pihaknya di Pulao Kemaro tersebut bertujuan untuk  mendukung fasilitas transportasi menuju Pulau Kemaro, yang merupakan salah satu objek wisata di Kota palembang.

“Apalagi Pulau Kemaro ini, menjadi lokasi ibadah umat Budha dan kemungkinan atau bisa jadi akan menjadi kiblat ibadah untuk umat Budha sehingga dibutuhkan infrastruktur kesana,” terangnya.

Untuk pembangunan dermaga tersebut, Dishubkominfo mengucurkan dana Rp 3 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumsel.  “Pada awalnya dana yang disiapkan Rp 6 milyar, namun karena ada pengurangan menjadi Rp3 milyar. Sehingga kita akan kurangi volumenya dengan cara mengurangi aksesorisnya seperti pagar yang hanya setengah dibangun, sisanya tahun depan,” ungkap Musni.

Musni menambahkan, Pulau Kemaro sangat berpotensi untuk menjadi objek wisata. “Kita sangat berharap pemerintah pusat dapat ikut turun untuk menjadikan pulau kemaro menjadi objek wisata yang lebih hidup atau lebih terkenal,” tukasnya.

 

TEKS        : IMAM MAHFUZ

EDITOR      : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *