Lomba Bidar Minim Peserta

Perahu Bidar | Dok KS

Perahu Bidar | Dok KS

PALEMBANG – Setiap peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, masyarakat Palembang biasanya disuguhi dengan perahu bidar yang adu kencang di Sungai Musi. Namun perlombaan yang menjadi tradisi setiap tahun itu, tahun ini nampaknya bakal kurang meriah.

Pasalnya, perlombaan yang bakal digelar Minggu (17/8) mendatang tersebut, jumlah peserta yang akan mengikuti perlombaan minim. Itu disebabkan, banyak perahu bidar milik masyarakat yang rusak.

“Data yang kami dapat dari warga, jumlah perahu bidar yang rusak ada lima unit. Sehingga hanya  ada delapan tim yang ikut, walau pun begitu tetap akan kita lombakan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispudpar) Palembang, Yanurpan ketika dibincangi, Kamis (7/8).

Yanuarpan mengatakan, perlombaan perahu bidar merupakan tradisi masyarakat Palembang yang digelar setiap tahunnya. Oleh sebab itu, walaupun jumlah pesertanya minim tetap saja perlombaan tersebut akan digelar.

“Itu tradisi kita, tidak mungkin dihilangkan, yang pasti tetap ada. Sementara kalau mau buat perahu bidar butuh waktu yang lama, tapi Insya Allah tahun depan akan kami anggarkan untuk pembuatan perahu bidar agar budaya itu tidak punah,” terangnya.

Lebih jauh Yanuarpan menjelaskan, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah membuat tim untuk perayaan HUT RI tersebut untuk merencanakan dan menyusun program perayaan yang melibatkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemkot Palembang. “Sudah ada tim, semua SKPD terlibat. Dan menyusun kegiatan masing-masing sesuai bidangnya,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *