Anggota Dewan Bakal Diarak Sebelum Dilantik

DPRD

OKU TIMUR – Pelantikan anggota DPRD OKU Timur periode 2014-2018 pada 19 Agustus mendatang, bakal berbeda dengan pelantikan anggota dewan lainnya di Indonesia. Itu karena, sebelum dilantik para wakil rakyat di OKU Timur tersebut bakal diarak terlebih dahulu.

Mereka kata Ketua Dewan Pengurus Jaringan Masyarakat Adat Komering (Jamak) Kabupaten OKU Timur, H Leo Budi Rachmadi Adok Batin Temunggung, akan diarak menggunakan adat menggunakan adat Komering menuju gedung DPRD OKU Timur.

“Dalam arak-arakan tersebut, nantinya anggota DPRD OKU Timur ini akan diiringi dengan berbagai kesenian khas Komering seperti kulintang, pincak dan lainnya,” kata Leo yang dibincangi, Kamis (7/8).

Karenannya dalam arak-arakan tersebut menurut Leo, Jamak sebagai penanggungjawab arak-arakan akan melibatkan lima sanggar seni di OKU Timur yakni Cahya Mayang dari Desa Negeri Ratu Kecamatan Bunga Mayang, Tanjung Kemala, Desa Kromongan Kecamatan Martapura. Kemudian Sanggar Senin Agung dari Desa Negeri Agung dan Umpuan Ratu dari Desa Pulau Negara, Kecamatan BP Peliung.

Arak-arakan tersebut terang Leo, sengaja dilaksanakan sebagai bagian melestarikan adat Komering. Selain itu, juga untuk mengingatkan mereka kalau anggota dewan dipilih oleh rakyat sebagai mempunyai tanggungjawab terhadap rakyat yang memilihnya dan bisa mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Nantinya mereka akan mulai diarak dari Tugu Tani di Lapangan KONI, Martapura menuju gedung DPRD di Jalan Merdeka, Martapura. Daerah mana saja rutenya, masih kita bahas dengan Sekretariat DPRD OKU Timur,” bebernya.

“Ini idenya Bupati OKU Timur, Herman Deru. Tentu kita sambut baik, karena bagian dari upaya melestarikan budaya Komering. Pemberitahuan kegiatan tersebut juga sudah disampaikan ke Gubernur Sumsel, Ketua KPU Sumsel, Ketua Bawaslu, dan Ketua DPRD OKU Timur,” tukasnya.

 

TEKS              : MUSLIM

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *