Pasar Tradisional Kembali Normal

ilustrasi Pasar

ilustrasi Pasar

LAHAT – Setelah mengalami kenaikan cukup tinggi sebelum dan pasca Idul Fitri, harga jual sejumlah bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Lahat sudah kembali normal. Pedagang juga sudah banyak mulai berjualan kembali, dan sejumlah dagangan yang sempat menghilang sudah tersedia.

Aktivitas pasar tradisional yang ada di Kota Lahat sudah normal kembali seperti sebelumnya. Baik di Pasar Tradisional Modern (PTM) Serelo, serta Pasar Lematang yang ada di Jalan Mayor Ruslan Kota Lahat. Puluhan lapak dan kios yang sempat kosong sudah terisi, karena pedagang kembali ke rutinias setelah merayakan lebaran.

Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok pun juga turun, dan relatif normal kembali. Sebab beberapa hari sebelum Idul Fitri sempat mengalami kenaikan tajam, akibat tingginya permintaan. Bahkan usai lebaran juga semakin parah, disebabkan masih sedikitnya pedagang yang berjualan. Sehingga kenaikan harga jual tidak terbendung, dan konsumen tidak bisa berbuat apa pun.

Untuk harga sayur mayur seperti sawi dijual seharga 3.500 per ikat, padahal sebelumnya menembus harga Rp 7.000 per ikat. Sama halnya dengan kangkung dan daun singkong yang dijual dengan harga Rp 2.000 per ikat, jauh lebih murah sebelumnya yang dijual hingga Rp 4.000  per ikat. Sedangkan daun kemangi di kisaran Rp 1.500 per ikat, padahal sebelmnya Rp 4.000 per ikat.

Untuk lauk pauk seperti ikan patin dan nila turun menjadi Rp 24 ribu per kilogram, padahal sebelumnya mencapai Rp 40 ribu per kilogram. Daging ayam kembali dijual Rp 29 ribu per kilogram, lebih murah dibanding sebelumnya yang dihargai hingga Rp 34 ribu per kilogramnya. Sementara daging sapi juga normal diharga Rp 110 ribu, dan cabai merah Rp 20 ribu per kilogram.

“Ini normal saja, tiap tahun terjadi. Kami juga lebih suka harga normal, karena dagangan lebih cepat laku,” kata Suhardi, penjual sayur di PTM Serelo Lahat.

 

TEKS  : JUMRA ZEFRI

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *