OI Butuh 17 Dokter Puskesmas

Ilustrasi | Google Image

Ilustrasi | Google Image

INDRALAYA – Untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir, masih membutuhkan 17 dokter yang akan ditempatkan di 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Kosasih melalui Kabid Program Pelayanan Kesehatan (Promyankes), Priyadi, Rabu (6/8) kemarin.

“Ya, kita masih butuh sekitar 17 dokter. Mereka akan ditempatkan di 17 puskesmas,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini, dari 16 kecamatan, terdapat 25 Puskesmas di mana ada delapan puskesmas yang menerima rawat inap. Delapan puskesmas tersebut yakni Puskesmas Indralaya, Timbangan (KM32), Tanjung Batu, Payaraman, Muara Kuang, Sungai Lebung, Tanjung Raja dan Puskesmas Pemulutan.

“Delapan puskesmas rawat inap ada dua dokter yang ditugaskan di setiap puskesmasnya. Berarti sudah ada 16 dokter yang sudah ditempatkan di delapan puskesmas rawat inap,  sementara 17 puskesmas lainnya yang bukan puskesmas rawat inap hanya ada satu orang dokter,” ujarnya.

Seharusnya, sambung Priyadi, setiap puskesmas ada dua dokter ditugaskan.  Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika salah satu dokter yang ditugaskan tersebut sedang dinas luar.

“Memang setiap puskesmas itu harus ada dua orang dokter yang ditugaskan untuk mengantisipasi kalau salah satu dokternya ada yang dinas luar, jadi masih ada satu dokter lagi yang siap siaga di tempat. Jangan sampai dokternya kosong. Mudah mudahan tahun depan kita akan memenuhi kebutuhan dokter di OI,” tuturnya.

Data yang diperoleh, saat ini OI mempunyai dokter Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD), Propinsi Sumsel satu orang, dokter  PTTD OI, lima orang, dokter umum PNS 16 orang, dokter gigi PNS,  delapan orang, dokter CPNS sembilan orang, dokter gigi  tiga orang dan dokter umum lainnya enam orang.

 

Teks : Junaedi Abdillah

EDITOR: SARONO P SASMITO




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *