Empat Lawang Bakal Rekrut 144 CPNS

ilustrasi

ilustrasi

EMPAT LAWANG – Kabar gembira bagi masyarakat di Sumsel khususnya di Kabupaten Empat Lawang yang berminat menjadi abdi negara. Pasalnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang bakal membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk umum.

Ada 144 CPNS yang bakal direkrut, sesuai dengan alokasi yang diberikan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dari 144 CPNS yang bakal direkrut tersebut, enam diantaranya untuk formasi lulusan SMA.

“Namun kita mengajukan usulan perubahan formasi, untuk menyesuaikan kebutuhan daerah. Usulan perubahan itu karena, ada beberapa formasi yang tidak perlu dan sebaliknya formasi yang kita butuhkan justru tidak masuk, dalam ketetapan formasi penerimaan CPNS yang disetujui BKN,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Empat Lawang, H Januarsah Hambali, Rabu (6/8).

Kata Januarsah, usulan perubahan formasi disampaikan ke Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN -RB) dan BKN beberapa waktu lalu. Dalam perubahan formasi yang diusulkan,  didominasi tenaga guru, kesehatan, ada juga beberapa kebutuhan tenaga tekhnis administrasi dan teknik.

Nah, dari usulan itu sebutnya, diharapkan bisa disetujui 100 persen sesuai kebutuhan mendasar penerimaan pegawai. Bagaimana untuk lulusan SMA ? menurut Januarsah, ada enam alokasi untuk lulusan SMA. Mereka untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP).

“Sementara untuk lulusan SMA lain, untuk memenuhi kebutuhan tenaga arsif kantor dan sopir ambulan akan kita usulkan kembali. Kemungkinan menunggu penerimaan di tahun mendatang,” jelasnya.

Lebih jauh Januarsah berharap, sistem seleksi CPNS 2014 tidak lagi ditangani pemerintah pusat. Alasannya, sudah terbukti pemerintah pusat kewalahan menangani penerimaan CPNS seluruh Indonesia.

Dampaknya antara lain, pengumuman yang tertunda-tunda. “Kita berharap sistemnya tidak terpusat lagi. Pemerintah daerah diberikan kewenangan dalam penerimaan CPNS,” imbuhnya.

Minimnya alokasi penerimaan CPNS 2014 ini, ditanggapi sejumlah pencari kerja di Empat Lawang. Syahrianto (24), salah satu warga Empat Lawang mengatakan, BKD harus lebih aktif mengusulkan formasi ke pusat agar penerimaan CPNS di tahun mendatang bisa lebih banyak.

Sebab menurutnya, kebutuhan pegawai di Empat Lawang masih cukup banyak.  Alumni Universitas PGRI Palembang ini berharap, sitem penerimaan CPNS lebih jujur dan terbuka. “Penerimaan CPNS sebelumnya sudah lumayan bersih, kalau bisa tahun ini lebih baik lagi,” katanya seraya menambahkan ada kekhawatiran pencari kerja jika masih ada kongkalikong dalam penerimaan CPNS mendatang.

 

TEKS          : SAUKANI

EDITOR       : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *