PDIP tak Keberatan Alex jadi Menteri

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

Alex Noerdin Gubernur Sumsel | Dok KS

PALEMBANG – Nama Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin disebut-sebut dilirik pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf  Kalla (JK) sebagai kandidat menteri dalam kabinet yang akan dibentuk pasangan tersebut nantinya. Alex dikabarkan bakal menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Menanggapi isu ini, DPD PDI Perjuangan Sumsel, tidak keberatan jika memang nantinya Alex menjadi menteri di kabinet bentukan Jokowi-JK, walau pun Alex adalah Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumsel, Giri Ramanda N Kiemas menyebut, jika memang Alex diberikan kepercayaan oleh Jokowi-JK tentu itu adalah prestasi sendiri. “Kita akan mendukung sepenuhnya kabinet yang akan dibentuk Jokowi-JK, termasuk jika Gubernur Sumsel masuk sebagai salah satu menteri dalam kabinet tersebut,” kata Giri yang dibincangi, Selasa (5/8).

“Kami tidak bisa menolak, karena kami mendukung penuh apa yang menjadi keputusan. Jika pak Jokowi mempertimbangkan pak Alex sebagai Menpora, itu artinya ada sesuatu yang luar biasa dari dirinya dibidang olahraga, ini harus dipandang positif,” tambahnya.

Sementara itu, pengamat sosial dan politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Alfitri menilai Alex pantas menjadi menjadi nominator Menpora di kabinet Jokowi-JK. Sebab sebut Alfitri, track record orang nomor satu di Sumsel itu dibidang olahraga sudah terbukti.

Alex menurut Alfitri, dianggap sosok yang pantas dipertimbangan. Karena selama memimpin Sumsel, Alex berhasil menjadikan Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games, Islamic Solidarity Games (ISG) dan Sumsel pun menjadi kandidat kuat untuk tuan rumah Asian Games 2019.

Catatan-catatan itu jelas Alfitri, tentu bisa menjadi pertimbangan Jokowi untuk melirik Alex menjadi salah satu calon Menpora. “Memang pak Alex adalah Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, tetapi menurut saya itu harusnya tidak jadi persoalan. Sebab Jokowi-JK sebelumnya sudah menyatakan kabinet yang akan dibentuknya terdiri atas orang-orang profesional dan kredibel bukan atas pertimbangan balas budi,” ungkapnya.

Sebelumnya saat dibincangi usai rapat paripurna DPRD Sumsel, Senin (4/8), Alex menyebut tidak memikirkan hal tersebut. Menurutnya ia fokus menyelesaikan periodeisasi pemerintahannya di Sumsel.  “Itu tidak saya pikirkan, saya lebih memilih fokus untuk membangun Sumsel,” tukasnya.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *