Parkir di Bahu Jalan Rp 1.000

Ilustrasi Parkir

Ilustrasi Parkir

PALEMBANG – Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 16 tahun 2011, besaran tarif parkir yang ada di bahu jalan untuk kendaraan bermotor Rp 1 ribu. Tetapi kenyataannya, juru parkir (jukir) umumnya menarik biaya Rp 2 ribu bahkan  lebih, bahkan mencapai Rp 3 ribu untuk biaya parkir.

Kepala UPTD Parkir, Dishub Palembang, Robert Hutapea mengatakan, tarif parkir yang ada dibahu jalan berlaku tarif lama, yakni Rp 1 ribu. Artinya masih sesuai Perda Nomor 16 tahun 2011. “Untuk motor Rp 1 ribu dan untuk mobil Rp 2 ribu, tidak ada kenaikan,” kata Robert yang dibincangi, Selasa (5/8).

Kalau ada jukir yang menarik tarif parkir diluar tarif yang ditentukan perda tersebut, maka itu adalah ilegal. Ia yakin, itu hanya dilakukan sejumlah oknum jukir saja tidak semua jukir di Palembang.

“Kami tidak menampik, ada oknum yang nakal karena ingin mengambil keuntungan sendiri. Kami dari Dishub Palembang sudah sering melakukan sosialisasi dan peneguran terhadapat oknum jukir yang nakal,” ujarnya.

Robert menambahkan, apabila warga menemukan oknum jukir, yang menarik biaya parkir melebihi tarif parkir yang telah ditentukan oleh perda, silahkan laporkan ke Dishub Palembang. “Karena masyarakat yang akan dirugikan, dan kami akan segera menindak oknum jukir itu hingga ke pidana,” janjinya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Pasar 16 Ilir, Heri (37) mengaku, penarikan biaya parkir oleh jukir minimal Rp 2 ribu. Bahkan mencapai Rp 3 ribu. “Kalau dikasih Rp 1 ribu, kata mereka masih kurang. Jadi terpaksa kami beri Rp 2 ribu, dari pada ribut, anggap saja sedekah, tapi sebaiknya pemerintah selalu mengecek keadaan lapangan, sehingga segera ditindak dan dipenjarakan,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *