Kendaraan Arus Balik Masih Terlihat

beberapa kendaraan masih melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

 Situasi Lau lintas  di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).| Dok KS

MUARA ENIM – Masa libur dan cuti bersama Idul Fitri 1435 Hijiriyah, memang sudah berakhir walaupun begitu masih terlihat arus balik yang melintas di Kota Muaraenim dan Tanjung Enim. Pantauan Kabar Sumatera, Selasa (4/7), di H+8 Idul Fitri, beberapa kendaraan masih melintas di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Kendaraan roda empat yang melintas tersebut, di dominasi oleh kendaraan berplat B, F, dan D. Mereka melakukan perjalanan arus balik, menunggu waktu lenggang supaya terhindar dari kemacetan di jalan.

Namun jumlah kendaraan pemudik yang melintas terlihat hanya satu atau dua saja. Tidak terlihat adanya iring-iringan kendaraan yang melintas, sehingga nampak tidak terjadi kemacetan di sekitar Pasar Bawah Tanjung Enim. Mereka itu menuju Pulau Jawa maupun sebaliknya.

Selain itu, ada juga beberapa kendaraan arus balik tengah terparkir di halaman Masjid Assadah Tanjung Enim, untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju tujuan.

Wanto (45), salah satu pemudik asal Jakarta yang dibincangi koran ini mengaku ia bersama keluarganya baru saja mudik ke kampung halamannya di Padang, Sumatera Barat dan tengah melakukan perjalanan kembali ke Jakarta.

“Sengaja saya pulang di hari ke enam usai Idul Fitri, untuk menghindari macet. Kita memang sengaja menghindari macet di jalan saat kembali ke Jakarta, alhamdulillah dari Padang ke Muaraenim tidak ada kendala dan lancar,” terangnya saat dibincangi di halaman Masjid Assadah, Tanjung Enin, kemarin.

Menurutnya, singgah di Tanjung Enim memang dirasakannya bersama keluarga sangat menyenangkan.  Ia mengatakan juga Tanjung Enim terkenal dengan batubaranya. “Kalau tidak salah kota ini ada tambang batubara ya. Kota Tanjung Enim memang sudah terkenal sekali,” imbuhnya.

Supriyadi (35), warga Tanjung Enim, ketika dibincangi koran ini yang tengah berada di Pasar mengatakan, melihat arus balik yang melintas di Kota Tanjung Enim itu tidak membuat kemacetan di jalan lintas.

Namun, pada beberapa hari sebelumnya, sempat terjadi antrian kendaraan di Pasar Bawah. Sehingga kendaraan yang tengah melaju tersebut berjalan merayap. “Kalau sudah hari biasa ini tidak banyak lagi kendaraan yang melintas, tetapi pada hari-hari sebelumnya masih banyak kendaraan yang melintasi Kota Tanjung Enim,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *