Budidayakan Ikan Hias di Bedegung

Ilustrasi Ikan Hias | Ist

Ilustrasi Ikan Hias | Ist

MUARAENIM – Objek Wisata Air Terjun Bedegung akan dilengkapi fasilitas kuliner, pemancingan ikan serta budidaya 10 jenis ikan hias. Dengan demikian, seluruh wisatawan dapat membawa oleh-oleh sepulang dari objek wisata andalan di Kabupaten Muaraenim itu.

Langkah ini menurut Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Kabupaten Muaraenim, Teguh Sumitro mengatakan, langkah ini dilakukan sebagai upaya menarik para pengunjung untuk menikmati objek wisata di Kecamatan Tanjung Agung itu.

Menurut Teguh,  dinasnya akan membina dan memberdayakan masyarakat lokal disekitar lokasi Air Terjun Bedegung untuk membudidayakan  ikan hias. Setelah masyarakat berhasil mengembangkan ikan hias, pemerintah daerah akan membangun showroom ikan hias di kawasan wisata Air Terjun Bedegung.

“Ada 10 jenis ikan hias yaang akan dibudidayakan. Di antaranya ikan mas, ikan koi dan  ikan pedang. Nanti ikan hias ini, dapat dijual sebagai souvenir bagi pengunjung Air Terjun Bedegung,” kata Teguh Sumitro, Selasa (5/8).

Selain ikan hias, di lokasi itu akan disiapkan kolam pemancingan. Di kolam itu, akan ditaburkan beraneka ikan termasuk ikan mas, ikan nila, ikan lele, ikan gurame, dan ikan tembakang.

Sedangkan kuliner, lanjut Teguh, adalah sajian pangan berbahan baku ikan. Tahun 2015, fasilitas-fasilitas itu sudah terwujud. “Jika ini berhasil, tidak hanya akan memberikan kontribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) tetapi juga bisa memberdayakan dan menggiatkan ekonomi masyarakat di kawasan Air Terjun Bedegung,” tukasnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *