Pasca Lebaran Sembako Masih Mahal

Sembako | Ist

Sembako | Ist

PALEMBANG – Memasuki H+7 hari raya Idul Fitri 1435 H beberapa harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Kota Palembang masih mengalami lonjakan. Salah satunya daging sapi yang harganya tetap melambung tinggi.

Pantauan Kabar Sumatera, Senin (4/8) di beberapa pasar tradisional Kota Palembang harga daging masih menyentuh Rp 120 ribu  perkilonya.

Yandi (40), salah seorang pedagang daging di Pasar Cinde mengatakan, sejak Kamis daging sapi bahkan sempat bertahan menembus Rp 130.000 per kilogram. Padahal, sebelum Ramadhan lalu kisaran harganya Rp 110.000 per kilogram.

“Kami menjual dengan harga demikian karena stok daging paskah lebaran masih minim, ini dikarenakan beberapa rumah potong belum banyak beraktivitas sehingga menggangu pasokan kami,” katanya.

Menurutnya, menjelang Idul Fitri harga daging di pasar sudah mengalami kenaikan, namun diakui Yandi, harga daging saat ini cukup sesuai mengingat kualitas daging yang dijual sejak H+3 sudah baik dan bukan lagi daging stok lama.

“Bahkan untuk daging segar tanpa lemak dan berkualitas sangat baik kami jual Rp130 ribu, namun pastinya kita harapkan rumah pemotongan beraktivitas kembali sehingga stok kami terjaga dan harga daging pun kembali normal,” ujarnya.

Sementara untuk komoditas sembako lainnya, misalnya daging ayam masih bertahan dikisaran Rp33.000 – Rp35.000 /kg, cabe merah besar dikisaran Rp25.000/kg, Bawang Merah dijual Rp28.000/k dan bawang putih Rp22.000/kg.

Sedangkan untuk medium bermerk seperti, topi koki, selancar, patin,  rata-rata dijual Rp180 ribu untuk karung berisi 20 kg. Minyak goreng curah Rp11.000 ribu/liter dan telur dijual Rp18.000/kg.

Ny Rodiah, pedagang sembako di Pasar 10 Ulu mengatakan harga sembako tersebut sudah mengalami penurunan jika dibanding Lebaran. Pada H-3 lebaran, harga sembako menurutnya melonjak hingga Rp3000-Rp4000 per Kilogram dari awal bulan puasa.

“Memasuki paskah lebaran, harga sembako biasanya berangsur akan turun, tapi jika dibandingkan awal puasa harga semabko terbilang mahal,” ucapnya.

Menurutnya, aktivitas pedagang dan pembeli di pasar belum sepenuhnya kembali dan akan berangsur normal mulai senin nanti. Meski demikian, lanjutnya ketersediaan sembako menurut masih aman sehingga katanya kalaupun ada penurunan paskah lebaran, harga tak akan terlalu turun tajam.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *