Kerusakan Jalan Provinsi Terkesan Disengaja

Kondisi Salah Satu jalan yang Berada di Jalan Musi II Palembang | Foto : bagus Park

Ilustrasi Jalan Rusak | Foto : Bagus Park

EMPAT LAWANG – Kerusakan beberapa titik jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang, terkesan disengaja. Diduga itu dilakukan oleh oknum  untuk mencari keuntungan, dengan alibi menarik retribusi jalan pada titik kerusakan tersebut.

Berdasarkan temuan tim Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Sumsel, ada beberapa titik badan jalan yang sengaja dilubangi oknum tak bertanggungjawab. “Temuan kita, ada badan jalan yang sengaja dilubangi, seperti didekat pos linmas. Ini kan tidak perlu,” sesal Kepala Dinas PU BM Sumsel, Rizal Abdullah, baru-baru ini.

Berdasarkan temuan ini menurut Rizal, gubernur menghimbau kepada kepala desa (kades) di Empat Lawang, untuk ikut mengawasi kondisi jalan provinsi di kabupaten tersebut. Kades pun diminta untuk menghimbau warganya, agar tidak merusak badan jalan.

Menurutnya, kerusakan jalan itu menyebabkan ketidak nyamanan pengendara, malahan bisa menimbulkan kemacetan lalu lintas. Apalagi aksi penyetopan oleh petugas linmas pada titik badan jalan, yang sengaja dirusak.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat di Kabupaten Empat Lawang akan dibangun kembali perbaikan jalan dengan tiga zona dan menggunakan cara regular maupun secara program jamak.

Selain itu bebernya, Dinas PU BM Sumsel juga akan melakukan pelebaran jalan. Salah satunya diperbatasan  Kota Pagaralam hingga Kecamatan Pendopo. Jalan di kawasan tersebut, akan dilebarkan sepanjang satu meter di kanan dan kiri jalan.

Pelebaran jalan ini jelasnya mendesak, karena intensitas kendaraan semakin meningkat dari Pagaralam menuju Empat Lawang dan sebaliknya. Selain itu sebut Rizal, pembangunannya juga akan dilakukan berbagai cara, titik rawan longsor dimungkinkan akan dibangun arus airnya di bawah jalan sehingga air tidak menabrak pondasi. “Ada beberapa titik akan dibangun nantinya, dengan memberikan celah bagi air,” paparnya.

Kata Rizal, pemprov berharap dengan akses jalan lalu lintas mudah, masyarakat juga akan senang dalam bertransportasi dan peluang investasi ekonomi akan meningkat. Tentunya, jika sudah dibangun tidak boleh dirusak lagi.

Sementara itu Bupati Empat lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) mendukung rencana pembangunan jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang. “Ya kita bagi tugas, jalan kabupaten kita bangun, kalau jalan provinsi itu ranahnya pak gubernur. Alhamdulillah kita dibantu,” kata HBA seraya meyakinkan kedepan para camat dan kades ditekankan agar memberi arahan pengawasan kondisi jalan diwilayahnya masing-masing.

 

TEKS            : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *