Hari Pertama Kerja, KPPT Sepi

Kantor KPPT Kota Palembang | Foto : Antaranews.com

Kantor KPPT Kota Palembang | Foto : Antaranews.com

PALEMBANG – Hari pertama masuk kerja, setelah libur dan cuti bersama Idul Fitri 1435 Hijriah, aktivitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang seperti Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT), sepi.

Kepala KPPT Palembang, Diankis Julianto mengatakan, masyarakat yang mengajukan izin di hari pertama kerja ini hanya ada 49 pengajuan. Padahal, di hari-hari biasa pengajuan perizinan mencapai 200 pengajuan.

“Pelayanan yang kami lakukan tetap seperti biasa, mulai pukul 08.00-15.00 WIB, semua pegawai KPPT sudah siap melayani. Tapi, hari pertama masuk ini memang belum banyak pemohon yang mengurus izin,”ungkapnya saat di bincangi, Senin (4/8).

Diankis merincikan, dari 32 izin yang ada di KPPT Palembang, hanya ada 10 jenis pengajuan pemohon, yakni Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sebanyak tiga pemohon, izin gangguan sebanyak 13 pemohon,  izin kerja perawat satu pemohon.

Kemudian Izin Mendirikan Bangunan (IMB) lima pemohon, izin penyelenggaraan reklame satu pemohon, izin trayek angkutan jalan 16 pemohon, izin wajib daftar perusahaan (TDP) tiga pemohon, keterangan hygiene dan sanitasi satu pemohon.

Lalu keterangan rencana kota lima pemohon, dan surat izin operasional satu pemohon. “Totalnya ada 49 pengajuan. Pengajuan tertinggi adalah izin trayek angkutan jalan sebanyak 16 pemohon,” bebernya.

Menurut Diankis, masih sepinya masyarakat yang mengajukan izin tersebut, dikarenakan hari pertama kerja, paska libur lebaran. “Mungkin masyarakat mengira, staf kita belum bertugas seperti biasanya. Padahal semuanya berjalan normal, hanya ada satu pegawai yang izin cuti hamil,” tukasnya.

 

TEKS           : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR        : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *