Tak Ada Alasan Tolak Kikim Area

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Rencana pembentukkan Kikim Area sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sumsel mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov). Tak cuma syarat administrasi, pemprov akan mendukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten itu, selama dua tahun.

“Kalau sudah terbentuk menjadi daerah baru, pemprov pasti membantu keuangan daerah itu. Paling tidak dua tahun ketika daerah itu terbentuk,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman saat dibincangi belum lama ini.

Ia menegaskan, syarat administrasi untuk menjadi daerah baru bernama Kikim Area telah lengkap. Mukti menilai, tak ada alasan untuk menunda apalagi menolak Kikim Arena, melepaskan diri dari Kabupaten Lahat. Menyangkut penolakkan beberapa warga, Mukti menilai hal wajar dalam proses demokrasi di Indonesia.

“Dilihat dari batas wilayah dan potensinya, Kikim Area memenuhi syarat untuk menjadi daerah baru di Sumsel. Kalaupun ada aksi penolakkan yang terjadi, saya kira itu hal yang biasa. Dalam setiap rencana pasti ada pro dan kontra. Tapi aspirasi Kikim Area datang dari bawah, jadi kenapa tidak untuk segera dibentuk,” terangnya.

Masih kata Mukti, proses pembentukkan daerah Kikim Area masih berlangsung. Beberapa persyaratan yang diminta oleh DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah diberikan. Mukti menegaskan, Kikim Area hanya tinggal menunggu keputusan.

“Komisi II DPR RI akan menggelar paripurna lebih dulu, menghadirkan pemerintah melalui Kemendagri. Apabila sudah dilakukan, pimpinan DPR RI melaporkannya ke Presiden RI. Paripurna lagi dan pengesahan. Sekarang masih dibuat jadwal masing-masing tahapan tersebut,” paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel,  H Alex Noerdin menjanjikan Kikim Area terbentuk sebagai DOB pada Oktober 2014. Rencana itu diinformasikannya saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lahat, di akhir Mei lalu. “Insya Allah pada Oktober, Kikim Area sudah menjadi kabupaten baru di Sumsel,” ucapnya.

Menurutnya, hanya tinggal menunggu pengesahan undang-undang Kikim Area. Ada enam kecamatan yang memisahkan diri dari Kabupaten Lahat untuk menjadi daerah baru, yakni Kecamatan Gumay Talang, Kikim Timur, Pseksu, Kikim Tengah,  Kikim Selatan dan Kecamatan Kikim Barat.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *