Objek Wisata Kebanjiran Pengunjung

Polisi nampak sibuk mengatur pengujung wisata Pagaralam.

Polisi nampak sibuk mengatur pengujung wisata Pagaralam.

PAGARALAM – Suasana sejumlah objek wisata yang ada di Kota Pagaralam, Sumatera  Selatan, pada hari kedua hingga hari ke lima perayaan Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah masih dipadati pengunjung dari luar daerah. Seperti peningkatan jumlah pengunjung di lokasi objek wisata Gunung Dempo, terlihat adanya antrian di pintu gebang atau tempat pengambilan karcis masuk termasuk di beberapa titik di lokasi vila Pemkab Lahat dan Patung Rimau Puncak 1900 MDPL.

Pantauan di lapangan, pengunjung wisata Gunung Dempo dan lokasi perkantoran Gunung Gare, didominasi pengendara sepada motor, mayoritas kalangan anak muda atau pelajar.

“Ya, peningkatan kunjungan wisatawan lokal dan domistik di lokasi wisata perkantoran Gunung Gare dan Perkebunan Teh Gunung Dempo memasuki hari lima lebaran kali ini,” ujar Elvis salah satu petugas penjualan karcis masuk dilokasi wisata Gunung Dempo, Minggu (3/8).

Menurutnya, seperti biasanya memasuki hari kedua hingga kelima lebaran kerap terjadi peningkatan kunjungan wisata Gunung Dempo. Pada hari pertama, warga masih dalam suasana silaturahmi dengan keluarga dan tetangga tempat mereka tinggal.

“Hari terakhir,  pengunjung lokasi wiasata mulai berkurang karena sebagian sudah mulai pulang kampung atau kembali balik,” terangnya seraya berujar pengunjung lokasi wisata kalau menyambut hari raya ini lebih didominasi anak muda yang mengendarai sepada motor, karena lebih mudah mengelilingi kebun teh mengingat jalannya sempit dan banyak tikungan tajam.

Sementara itu, Kapolres Kota Pagaralam AKBP Saut P Sinaga SIK MSi didampingi Kasat Lantas AKP Herry Widodo SH mengatakan, guna memberikan kemanan pengunjung lokasi wisata Gunung Dempo sudah disebar puluhan polisi dan di daerah setempat juga sudah didirkan posko pengamanan.

“Sejak H-7 sudah didirikan Pos Pengamanan di berbagai lokasi wisata Pagaralam yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan domistik,” jelaasnya.

Ia menambahkan, di Pagaralam juga sudah ada polisi pariwisata yang selalu stan bay memantau daerah-daerah rawan aksi kejahatan dan termasuk bila terjadi gangguan kenyamanan masyarakat di lokasi wisata.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata dan Seni Budaya, H Ibnu Hajar SE MM mengatakan, lokasi wisata Gunung Dempo setiap ada momen penting dipadati wisatawan lokal dan domistik. Bahkan bukan hanya atrian dipintu gerbang, tetapi termasuk pula seluruh kamar hotel dan vila mengalami peninglkatan.

“Kita telah menyediakan berbagai fasilitas dan infrastruktur untuk mendukung kenyamanan wisatwan yang ingin berkujung ke Pagaralam,” katanya.

Dia berkata, untuk target pada lebaran kali ini hingga tahun baru 2015 nanti, kunjungan wisatawan dapat menembus angka 15.000 orang. Bahkan, kalau melihat dari keadaan di lapangan bisa lebih.

“Ada tiga lokasi favorit pengujung datang ke Pagaralam, yakni Gunung Dempo,  Air Terjun Lematang Indah, Curup Embun dan Curup Mangkok,” tambahnya.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *