“Harta Saya Semua Ludes Terbakar”

Zamhir, saa mengais sisa hartanya yang ludes terbakar, pada Selasa (15/7/2014), | Dok KS

Zamhir, saa mengais sisa hartanya yang ludes terbakar, pada Selasa (15/7/2014), | Dok KS

INDRALAYA – Raut wajah sedih tergambar di wajah Zamhir (33), saat berusaha mengais sisa hartanya yang ludes di lahap si jago merah. Rumah panggung berukuran 4×5 meter yang dihuni belasan tahun dan terletak di Dusun II, Desa Tebing Gerinting Utara, Kecamatan Indralaya Selatan, Kabupaten Ogan Ilir (OI), ini terbakar, Selasa (15/7), sekitar pukul 08.30 WIB.

“Semua tidak ada yang tersisa Mas. Harta saya habis semua. Saya juga bingung,” tuturnya terbata-bata saat ditemui diantara puing-puing rumah sisa kebakaran.

Zamhir mengisahkan, saat itu, dirinya sedang berada diluar untuk bertani. Tiba-tiba, kawan yang juga merupakan tetangganya memberitahukan bahwa rumahnya terbakar.

“Saya datang, api sudah membesar. Rumah kakak saya Harun juga terbakar, kami dengan warga berusaha memadamkan api. Rumah dalam keadaan kosong. Istri saya Beti, juga tidak ada dirumah,” tuturnya.

Lanjut Zamhir, api dapat dipadamkan satu jam kemudian dengan air seadanya di bantu Pemadam Kebakaran (PBK), Pemkab OI. “Alhamdulillah api bisa padam dibantu warga dan PBK. Saya lihat, harta saya habis tidak ada yang tersisia, hanya pakaian di badan saja,” ucapnya.

Kades Tebing Gerinting Utara Irwansyah Airan (32), memebanrkan jika warganya mengalami musibah kebakaran. “Korban kebakaran Harun (46) dan Zamhir (32), yang merupakan saudara kandung,” ujarnya.

Kades menambahkan, api berasal dari rumah Zamhir diduga akibat arus pendek listrik (konsleting,red). ”Kerugian ditaksir ratusan juta rupiah. Sementara saat ini korban ditampung di rumah keluarga yang tidak jauh dari lokasi kebakaran. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Syarkowi diwakili Kabid Bansos M. Basid saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya kebakaran tersebut, pihaknya bersama staf lainnya langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), untuk menyerahkan bantuan.

“Kita sudah berikan bantuan berupa beras, mie instan, pakaian pakaian sekolah, pakaian dewasa, selimut dan handuk, alat dapur. Nanti kita akan berikan bantuan Rp 1juta per KK,” ungkapnya.

Informasi dilapangan, api berkobar akibat arus pendek listrik sekitar pukul 08.30 WIB. Api membesar dan melahap rumah Zamhir dan merembet ke rumah Harun.

Warga yang mengetahui kebakaran lansgung berusaha meadamkan api dengan air seadanya. Selang kemudian petugas PBK datang dan memadamkan api.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *