Siapa Mencuri “Strum” Listrik akan Diputus

Ilustrasi

Ilustrasi

INDERALAYA – PLN Ranting Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir (OI), akan menindak tegas pelanggan yang kedapatan mencuri listrik untuk keperluan tertentu seperti hajatan dan kegiatan lainnya. Hal tersebut ditegaskan, Manager PLN Ranting Inderalaya, Fiqi Alawiyah, Jumat (11/7), kemarin. “Kita akan putus aliran listrik. Ini sudah sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP),” tegasnya.

Menurutnya, pencurian listrik sangat membahayakan, bukan hanya rumah yang dialiri listrik curian, melainkan rumah-rumah yang ada disebelahnya. “Pasti berbahaya, dampaknya kebakaran. Kita himbau warga tidak melakukan pencurian listrik karena akan merugikan semua pihak bukan hanya PLN yang rugi,” ungkapnya.

Untuk meminimalisir pencurian listrik saat adanya hajatan atau perkawinan, sambungnya, PLN akan memberikan layanan fasiltas multiguna selama tiga hari untuk pelanggan yang mengadakan hajatan ataupun perkawinan. “Syarat mengajukan surat pemberitahuan kepada kantor PLN ataupun melalui www. pln.co.id minimal seminggu sebelum hari pelaksanaan kegiatan,” tuturnya.

Disinggung tunggakan pelanggan, Fiqi menjelaskan, dari data yang ada, terhitung Januari-Mei, tunggakan tercatat sekitar Rp 2 Miliar. Tunggakan tersebut lebih mendominasi yakni pelanggan rumah tangga. “Kami meminta kesadaran masyarakat untuk membayar listrik dan tunggakan. Jika pelanggan tidak menunggak, pelayanan akan lebih optimal. Pembayaran dari pelanggankan akan digunakan untuk operasional. Jadi, kami minta pelanngan untuk bayar tepat waktu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebagai bentuk pelayanan terbalik bagi pelanggan, PLN menyediakan layanan penggantian meteran KWH yang sudah berumur diatas 10 tahun. “Meteran yang sudah usang akan diganti secara gratis oleh PLN. Meteran yang usang dinilai tidak berpotensi pada ketidakakuratan Tarif Dasar Litrik (TDL) yang ada. Administrasinya gratis tidak dipungut biaya. Hanya perlu mengajukan ke PLN terdekat,” pungkasnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *