Sepeda Listrik Mulai Digemari

Ilustrasi Sepeda Listrik | Ist

Ilustrasi Sepeda Listrik | Ist

PALEMBANG – Belakangan ini banyak ditemui masyarakat Indonesia, khususnya Kota Palembang, menjadikan sepeda listrik sebagai alat transportasi dalam menjalankan aktivitas sehari-harinya. Bukan saja karena harganya yang murah, keamanan saat menggunakannya pun menjadi alasan utama mereka memilih sepeda listrik ini.

Salah satu pengelola toko penjual sepeda listrik di kawasan Palembang Trade Center (PTC) Mall, Thomas mengatakan, sepeda listrik asal China ini selain dilengkapi tenaga listrik, sepeda ini juga bisa dayung seperti sepeda biasanya. Untuk kapasitas listrik yang ada di sepeda ini tidak terlalu besar, jadi konsumen tidak perlu takut korslet, kesetrum, atau membengkaknya biaya listrik di rumah.

“Sejak motor listrik ini dipasarkan belum ada konsumen yang mengelu, baik pemakaian listriknya maupun untuk suku cadangnya. Untuk Sparepart-nya mudah dicari, selalu ada, dan yang jelas murah,” katanya, Jumat (11/7).

Kata dia, meskipun ini sepeda namun cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan sepeda motor. Tinggal putar kunci, langsung jalan. Tapi dibanding motor, sepeda listrik ini punya banyak kelebihan, meski ada kekurangnya.

Adapun kelebihannya adalah pada kenyamanan dan keamanannya. Sepeda listrik nyaman digunakan karena bahan material yang digunakannya berkualitas tinggi, dengan tempat duduk yang lebar dan empuk. Aman dipakai karena ini sepeda, bukan motor sehingga penggunanya tidak perlu takut mengendarainya.

“Cara kerja sepeda listrik ini hampir sama seperti sepeda motor, bedanya sepeda listrik ini bisa didayung kalau baterainya habis. Jadi kita nggak usah repot-repot dorong,” ujarnya.

Sedangkan kekurangan dari sepeda listrik ini hanya di jarak tempuh. Pasalnya, jarak tempuh sepeda ini lebih kurang 50 km, itu pun jika baterai dicas penuh. Sementara kecepatan sepeda listrik ini lebih kurang hanya 40 km/jam.

Pengendara tidak perlu repot oper gigi untuk menambah kecepatan, pasalnya sepeda yang berbahan material fiber ini dilengkapi tombol kecepatan pada stang kemudi.  “Angka 1 biasanya untuk tanjakan atau pelan dan angka 3 lebih cepat,” ucapnya sembari menambahkan jika sepeda listrik ini juga dilengkapi alarm. Jadi saat parkir tidak perlu takut hilang. Soalnya kita tinggal tekan gambar petir pada remote kunci, maka alarm secara otomatis akan hidup. jika disentuh, sepeda akan berbunyi. Pada bagian tempat duduk dilengkapi dengan bagasi layaknya sepeda motor matic. Layaknya motor, sepeda listrik ini juga ada spion, lampu sen, klakson, dan lampu rem.

Dibulan ramadhan ini toko Nippon Technya memberikan cash back Rp 500 ribu untuk semua item. Untuk harga tipe King Classic dibandrol Rp. 4,1 juta, Fire Rp. 4,3 juta, Golden Rp. 4,6 juta, dan King Box No. 1 Rp. 5,7 juta. Harga termahal adalah jenis sepeda listrik dengan model seperti motor matik.

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *