PPS Pleno Diluar Jadwal ?

ilustrasi

ilustrasi

EMPAT LAWANG – Pasca pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014, pada hari itu juga sejumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan pleno.  Padahal secara jelas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan pleno ditingkat PPS dilakukan mulai 10-11 Juli.

Pelanggaran jadwal ini diduga terjadi dibeberapa PPS di Kecamatan Pendopo, Ulu Musi dan Sikap Dalam serta Muara Pinang. Pleno PPS dilakukan beberapa saat, setelah penghitungan suara di TPS.

Hal ini menimbulkan kecurigaan sebagian masyarakat, karena pleno yang dilakukan oleh PPS tersebut, diluar jadwal sudah ditetapkan. Disebutkan lagi, pleno PPS seharusnya dijadwalkan 10-11 Juli dan pleno di tingkat PPK terjadwal 13 hingga 15 Juli mendatang.

Menyikapi hal ini, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, Zawani mengatakan, semestinya penyelenggara Pemilu harus melaksanakan tugasnya sesuai prosedur yang sudah ditetapkan, termasuk jadwal pleno di tingkat PPS dan PPK.  “Jangan sampai menimbulkan kecurigaan, makanya harus bekerja sesuai dengan prosedur,” ungkap Zawani,  Kamis (10/7).

Terkait hal ini, Panwaslu Empat Lawang pun langsung memberikan mandat kepada Panwaslu kecamatan, untuk membuat rekomendasi kepada PPS yang sudah menggelar pleno, agar melakukan pleno ulang pada tanggal yang sudah ditetapkan. “Kita langsung berikan teguran, melalui Panwascam masing-masing,” imbuhnya.

Masih menurut Zawani, ketentuan menggelar pleno sesuai jadwal, juga berlaku pada pleno tingkat PPK dan pleno di tingkat kabupaten. Sebab, jadwal dimaksud dilakukan secara Nasional. “KPU Empat Lawang hendaknya bertindak, agar pleno di PPS dan PPK tidak dilaksanakan dilaur jadwal ditentukan,” tukasnya.

 

TEKS              : SAUKANI

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com