Serahkan DURK, Kepala PMD Dideadline Akhir Bulan

 

PALEMBANG – Setiap Kepala Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel), dideadline untuk menyerahkan Daftar Usulan Rencana Kerja (DURK) akhir bulan ini.

Hal ini diungkapkan Kepala Biro Pemerintahan, Edward Chandra saat diwawancarai di Kantor Gubernur, kemarin. Edward mengatakan, pihaknya memberikan limit waktu kepada seluruh Kepala PMD kabupaten/kota untuk menyerahkan DURK. “Ya, paling lambat akhir bulan ini mereka memberikan DURK,” katanya.

Tujuan pihaknya meminta Kepala PMD menyerahkan DURK, agar mengetahui secara rinci usulan rencana kerja yang akan dilakukan. “Selain itu juga agar dana bantuan yang diberikan tidak disalahgunakan atau menyimpang sesuai apa yang diinginkan program ini,” ujar Edward.

Edward mengungkapkan, adapun jumlah bantuan keuangan bagi desa atau kelurahan yang ada di Provinsi Sumsel ini sebesar Rp100 juta permasing-masing desa atau kelurahan. “Untuk total keseluruhan desa atau kelurahan yang ada di Sumsel berjumlah 3231, tapi ini belum termasuk kabupaten Empat Lawang karena belum memberikan laporan pertanggungjawaban 2013 dan DURK 2014,” jelasnya.

Namun meskipun masih ada Kepala PMD yang belum menyerahkan DURK, bantuan keuangan untuk desa atau kelurahan pada tahun ini sudah diserahkan ke masing-masing kepala PMD yang ada di kabupaten/kota. “Untuk sistemnya penyaluran dana ini, kalau yang kelurahan melalui kas daerah terlebih dahulu baru ke kelurahan. Sedangkan untuk desa langsung kerekeng desa,” jelas Edward

Edward menambahkan, pihaknya berharap agar bantuan keuangan desa atau kelurahan untuk tahun 2014 ini dapat dipergunakan atau dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan daya kreativitas untuk terus membangun desa atau kelurahan,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *