Pembiyaan Produktif BSM Capai Rp 300 Miliar

Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bank Syariah Mandiri (BSM)

PALEMBANG – Pada 2014 ini Bank Syariah Mandiri (BSM) Palembang menargetkan pertumbuan pembiayaan produktif hingga 27 persen dengan peningkatan outstanding hingga Rp 135 miliar. Target itu disejajarkan dengan pertumbuhan ekonomi Sumsel saat ini.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi Sumsel sedikit mengalami hambatan, lantaran dengan adanya pesta demokrasi seperti, Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres_ tahun ini. Kebanyakan pelaku bisnis bersikap “wait and see” sampai ada kebijakan yang jelas,” kata Branch Manager BSM Cabang Demang Lebar Daun Palembang, Kemas Erwan Husainy, Minggu (6/7).

Namun kata Kemas, untuk saat ini mengenai pembiayaan produktif bisa dibilang cukup stabil. Dikarenakan beberapa sektor yang diandalkan seperti sektor, pertanian, perkebunan, konstruksi dan perdagangan.

“Sampai saat ini, pembiyaan produktif yang disalurkan BSM Palembang mencapai Rp 300 miliar. Dari jumlah tersebut, 60 persennya merupakan kredit komersial dan sisanya di sektor UMKM,” paparnya.

Untuk kredit komersial diberikan dengan plafon mulai dari Rp 1,5 miliar. Jumlah ini cukup memberikan kontribusi besar terhadap total modal kerja. “Untuk kredit komersial, kami menyasar pada perusahaan yang memiliki potensi dalam pengembangan usahanya,” ujarnya.

Sementara untuk UMKM yang memberikan pembiayaan mulai dari Rp 2 juta-Rp 100 juta diberikan kepada pelaku usaha yang skala yang lebih kecil seperti pedagang dan usaha skala kecil lainnya. “Jika dilihat dari jumlahnya, tentu sektor UMKM yang banyak, namun jika dari sisi nominal tentu, kredit komersial yang paling berkontribusi,” paparnya.

Sementara itu, di bulan ramadan ini, pihaknya memiliki program Muzakki baru yakni menciptakan para pemberi Zakat baru yakni para pedagang yang ada di pasaran.


TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *