Suhu Capai 33-35 Derajat, Waspadai Kebakaran Hutan dan Lahan

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Empat daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) diminta harus lebih waspada, agar tidak terjadinya kebakaran hutan. Pasalnya musim kemarau yang melanda Sumsel akan berlangsung panjang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi, Stasiun Klimatologi, BMKG Palembang, Indra Purnama, Kamis (26/6). “Ke empat daerah tersebut ialah, Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin dan Muba,” kata Indra, Kamis (26/6).

Indra mengatakan, musim kemarau ini dimulai dari awal Juni lalu dan akan berakhir sampai akhir bulan September mendatang. Sebutnya, suhu panas akan meningkat yaitu sekitar 33 derajat sampai 35 derajat. “Saat ini untuk titik apinya sendiri kami belum terpantau, tetapi tidak menutup kemungkinan kedepan titik api tersebut akan muncul,” jelasnya.

Indra berharap, ke empat kabupaten tersebut, sudah mempersiapkan sesuatu untuk mencegah, jika terjadinya kebakaran hutan. BMKG juga sambungnya, meminta bagi masyarakat saat kemarau, untuk tidak membakar sampah ataupun hutan. “Jangan sampai karena sesuatu yang kecil menjadi besar,” imbuhnya.

Indra menambahkan, selain panas yang tinggi, masyarakat juga diminta untuk mewaspadai angin kencang yang akan terjadi di sore sampai malam hari, yang berpotensi menyebabkan angin puting beliung.  “Berdasarkan pantauan kami, akan terjadi angin yang kencang sehingga berpotensi terjadinya angin puting beliung tersebut, oleh sebab itu harus waspada,” tukasnya.

TEKS             : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *