Sekda Palembang Ikut Dicekal ?

Sekda-Palembang-Ikut-Dicekal

Ilustrasi : Google Image

PALEMBANG KS – Setelah Wali Kota Palembang, Romi Herton dan istrinya Masyito di cegah berpergian keluar negeri, kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mencegah terhadap tiga orang yang diduga terlibat dalam sengketa Pilkada Palembang, salah satunya adalah Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang.

“Yah kami sudah terima surat cegah atau cekal terhadap tiga orang, dan suratnya sudah kami terima, Kamis (19/6) lalu, dari kantor Imigrasi pusat,”ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas I.A Palembang, Bogi Widiantoro, saat di temui diruang kerjanya, Jum’at (20/6).

Bogi mengatakan, yang mendapatkan pencekelan tersebut adalah UH, YA dan MA, pihaknya tidak bisa menyebutkan nama pasti orang tersebut. “Yang pasti mereka di cegah keluar negeri selama 6 bulan kedepan, dari hari ini (kemarin) paspor mereka sudah kami tarik,”tegasnya.

Ditanya apakah ada nama yang bakal dicekal kembali, Bogi menjawab, tidak etis membicarakan nama orang di luar yang telah terpublikasi sebelumnya. Menurutnya, pihaknya hanya menjalankan tugas dari pusat saja.

“Yah pada dasarnya kami hanya menjalankan tugas, kalau ditanya ada tidak nama lainnya, kami tidak tahu, karena semua kewenangan ada dipusat,”katanya.

Bogi menjelaskan, orang yang di cekal tersebut belum tentu bersalah, pasalnya pencekalan tersebut hanya untuk kepentingan pengawasan dan penindakan di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI), seperti di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dan lainnya. “Intinya, proses hukum yang akan menentukan orang bersalah atau tidak,”bebernya.

Bogi mengaku, daftar nama orang yang dicekal sebenarnya bersifat rahasia. Namun, karena ada pejabat seperti RH dan istrinya M, terkait kasus dugaan suap sengketa pilkada yang menjadi konsumsi publik, sehingga tidak mungkin dirahasiakan lagi. “Sebenarnya masih ada nama lainnya yang dicekal, selain lima orang tersebut, tapi kami tidak bisa mempublikasikannya,”bebernya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Sumatera dari sumber dipercaya, inisial UH tersebut adalah Sekda Palembang, yang tak lain adalah adik kandung RH, sementara MA adalah pengusaha.

TEKS : ALAM TRIE

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com