Seleksi Paskibraka, Satu Lolos Nasional

LAHAT – Seleksi untuk pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) sudah dilakukan sejak 4 Juni lalu untuk tingkat Kabupaten Lahat yang dilakukan oleh Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol) dan ada 157 siswa setingkat sekolah menengah atas (SMA) yang mengikuti seleksi ini, demikian diungkapkan oleh Kapten M Khairil Nainggolan.

“Ada 50 sekolah setingkat SMA di Kabupaten Lahat yang mengirimkan siswanya, dan nantinya ada 35 anak yang kita butuhkan dan lolos seleksi untuk menjadi Paskibraka. Sementara sebelumnya salah satu anak lolos untuk tingkat nasional dan Provinsi Sumsel ada 4 orang,” ujar Khairil.

Mereka dari 22 kecamatan yang mengirimkan siswanya ini mengikuti beberapa seleksi, tak hanya postur tubuh tinggi dan proporsional saja yang menjadi kriteria anak-anak ini menjadi Paskibraka tapi beberapa tes yang mereka ikuti seperti kesehatan dan ketahanan fisik, kemampuan baris-berbaris dan juga tak kalah penting kemampuan akademik yang harus di atas rata-rata.

“Untuk tingkat nasional sendiri yang lolos tersebut adalah siswa SMAN 3 Kota Lahat yang bernama Dwi Kurnia. Waktu kita mengirim ke provinsi ada 6 anak, namun hanya satu lolos nasional dan 4 lolos di provinsi,” papar Khairil disela-sela seleksi.

Rencananya mereka nanti bakal masuk karantina usai Lebaran Idul Fitri, sekitar tanggal 29 Juli 2014 dan sampai dengan menjalankan tugas-tugasnya sebagai Paskibraka yakni 18 Agustus 2014.

Menurut salah satu siswa yang mengikuti seleksi Dwi Kurnia mengatakan memang sebelumnya mereka mengikuti serangkaian tes baris-berbaris di sekolah masing-masing sebelum tes tingkat kabupaten.

“Memang tidak mudah, serangkaian seleksi. Baru kita dikumpulkan di tingkat Kabupaten. Untuk lolos seleksi di Provinsi dan Nasional,” ujarnya.

 

TEKS/FOTO    : JUMRA ZEFRI

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *