Perbaikan Jalan Rusak, Empat Kecamatan Jadi Prioritas

 

Jalan Rusak di Jalan Letjen Bambang Utoyo.

Jalan Rusak | Dok KS

PALEMBANG – Dalam melakukan perbaikan jalan rusak di metropolis, Dinas PU BM dan PSDA Kota Palembang memprioritaskan perbaikan jalan rusak parah dan sedang. Pasalnya jika memperbaiki seluruh jalan yang rusak, anggaran terbatas.

Kepala Dinas PUBM dan PSDA Palembang, Dharma Budi mengatakan, tahun 2014 ini pihaknya menganggarkan Rp 70 Miliar, untuk perbaikan jalan yang rusak di Palembang. Namun, perbaikan akan diprioritaskan pada jalan yang rusak parah dan sedang.

“Saat ini baru proses tender dan memang ada keterlambatan. Namun akan kita percepat sehingga mana yang rusak parah akan mulai kita perbaiki,” kata Dharma dibincangi, Minggu (15/6).

Ia menyebutkan, dari 16 kecamatan di Palembang, Dinas PU BM dan PSDA memprioritaskan jalan rusak di empat kecamatan yakni Kecamatan Sukarami, Alang-Alang Lebar (AAL), Sematang Borang dan Gandus.

Menurutnya, kondisi jalan di empat kecamatan tersebut memang sudah harus segera diperbaiki. “Kita lihat saja di Jalan Sukabangun, AAL, HR Motik, Tegal Binangun, Talang Putri. Ada juga di Mata Merah. Jalannya sudah rusak, perlu kita perbaiki juga,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, kerusakan jalan di Palembang, ada ratusan titik, dengan kondisi kerusakan bervariasi. Namun Dinas PU BM dan PSDA, berkomitmen untuk dapat mempercepat dengan kemampuan keuangan yang ada. “Akibat jalan rusak mobilitas masyarakat, terganggu sehingga harus dirampungkan segera,” ungkapnya.

Sambungnya, dalam melakukan perbaikan jalan tersebut, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemprov Sumsel. Seperti perbaikan di kawasan Calentang dan lainnya. Menurutnya, kerusakan jalan, sering terjadi karena banyak saluran air tidak berfungsi baik.

Akibatnya mengendap dan membuat jalan cepat rusak. Kerusakan jalan juga diperparah adanya truk yang melintas di suatu kawasan dengan kapasitas berat. “Sementara ketahanan jalan, tidak sesuai beban kendaraan yang lewat. Yah kami juga berharap, masyarakat juga bisa bersabar,” tukasnya.

 

TEKS              : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR          : DICKY WAHYUDI

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *