Caleg PAN Membelot ke Jokowi-JK

partai-pan

PALEMBANG – Sejumlah mantan calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Sumatera Selatan (Sumsel), membelot untuk mendukung pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres), Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Padahal PAN sendiri, adalah salah satu partai politik (parpol) pengusung pasangan Prabowo-Hatta Radjasa.

Mantan caleg PAN yang memutar haluan 180 derajat di Pemilihan Presiden (Pilpres) dimaksud adalah Mistaful Firdaus dan Bagus Edi Gunawan. Keduanya tercatat sebagai caleg partai berlambang matahari terbit tersebut untuk DPRD Kabupaten Ogan Ilir (OI), saat Pileg, 9 April lalu.

“Saya lebih memilih untuk mendukung pasangan Jokowi-JK, dibandingkan pasangan Prabowo-Hatta karena mayoritas masyarakat di desa binaa saya saat Pileg lalu mendukung pasangan Jokowi-JK,” kata Mistaful yang kerap disapa Avir saat dibincangi, Jumat (6/6).

Avir sendiri, saat ini adalah Sekretaris Kornas Dulur Sumsel yang merupakan salah satu relawan pendukung pasangan Jokowi-JK di Sumsel. Disinggung mengenai loyalitasnya terhadap PAN, Avir mengaku tidak merasa menghianati PAN.

Sebab kata dia, saat Pileg lalu ia hanyalah sebagai caleg. Statusnya di PAN terang Avir, bukan fungsionaris atau kader. Tak hanya itu terangnya, ia memilih membelot karena melihat struktural di partai yang sempat menjadi “perahu” nya saat pileg lalu tidak sistematis, koordinatif dan tidak ada gotong royong. Bahkan terangnya, kader dan caleg saat itu berjalan sendiri-sendiri. “Saat itu, tim pemenangan yang dibentuk partai melepaskan tanggungjawab terhadap caleg,” ucapnya.

Tim Pemenangan Dikukuhkan

Sementara itu dibincangi terpisah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumsel, MA Gantada menyebut, tim pemenangan Jokowi-JK untuk kabupaten dan kota di Sumsel akan dikukuhkan.

“Besok rencananya, akan ada rapat kerja dan pengukuhan tim pemenangan daerah Jokowi-JK di Posko Induk Tim Pemenangan Jokowi-JK, Jalan Tanjung Api-Api (TAA), Palembang,” terang Gantada.

 

TEKS              : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR           : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com