Mayoritas Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Sumsel Dukung Prabowo-Hatta

Pasangan Capres & Cawapres Indonesia  Prabowo - Hatta Rajasa

Pasangan Capres & Cawapres Indonesia Prabowo – Hatta Rajasa

PALEMBANG – Sejumlah kepala daerah di Sumatera Selatan (Sumsel), dipastikan akan menjadi tim pemenangan salah satu pasangan calon presiden (capres) – calon wakil presiden (cawapres). Bergabungnya sejumlah kepala daerah di Sumsel tersebut mayoritas kepala daerah di Sumsel juga adalah ketua partai politik (parpol) di daerahnya masing-masing.

Informasi yang dihimpun Kabar Sumatera, ada sejumlah kepala daerah yang bergabung menjadi tim pemenangan pasangan capres-cawapres. Mayoritas kepala daerah di Sumsel tersebut, menjadi ketua tim pemenangan pasangan Prabowo-Hatta Radjasa.

Sejumlah kepala daerah yang bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Hatta ini diantaranya Gubernur Sumsel, Alex Noerdin yang menjadi Ketua Umum Tim Pemenangan Prabowo-Hatta untuk Sumsel.  Sementara itu Bupati OKI, Iskandar menjadi ketua hariannya.

Bupati Banyuasin, Yan Anton Ferdian menjabat sebagai Ketua Koordinator Daerah (Korda) Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Banyuasin. Ada juga nama Bupati Ogan Ilir (OI), Mawardi Yahya yang mengkoordinir wilayah Kabupaten OI.

Sementara itu Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya, Bupati Lahat Syaifuddin Aswari Rifai, Bupati Muaraenim Muzakir Sai Sohar, Bupati Muba Pahri Azhari, walau belum terang-terangan menjadi tim pemenangan salah satu pasangan calon namun kemungkinan besar berada di kubu Prabowo-Hatta. Sebab mereka umumnya, adalah Ketua DPD Partai Golkar di daerahnya masing-masing. Sementara Golkar sendiri, adalah salah satu parpol pengusung pasangan Prabowo-Hatta.

Di kubu Jokowi-Jusuf Kalla, walau tak sementereng kubu Prabowo-Hatta, ada juga sejumlah kepala daerah yang bergabung. Kemungkinan besar adalah Wali Kota Palembang Romi Herton, yang nota bane adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Palembang.

Sementara Bupati OKU Timur, Herman Deru kemungkinan besar juga berada di tim pemenangan Jokowi-JK. Sebab Herman Deru dikenal dekat dengan Partai NasDem dan PKB, yang merupakan parpol pengusung Jokowi-JK.

“Ada sejumlah kepala daerah dan wakil kepala daerah, yang masuk tim pemenangan Jokowi-JK diantaranya Wali Kota Palembang, Wakil Wali Kota Prabumulih dan beberapa wakil kepala daerah lainnya,” kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sumsel, M Aliandra Gantada yang dibincangi, Jumat (30/5) di DPRD Sumsel.

Walau banyak kepala daerah di Sumsel mengomandoi tim pemenangan Prabowo-Hatta di daerahnya masing-masing namun menurut Gentada, mereka tidak gentar. Ia yakin masyarakat sudah memiliki pilihan sendiri. Menurutnya Pilpres berbeda dengan Pileg, dalam pilpres sosok calon yang diusung sangat menentukan.

“Kita juga sudah mengantisipasi adanya kecurangan, dengan memperkuat saksi dan relawan. Kecurangan ini memang kita waspadai, sebab kecurangan yang masif dan sistematik ini sudah terjadi di Pileg, 9 April lalu,” tegasnya.

Belum Ada Ajukan Cuti

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Mukti Sulaiman tidak menampik banyak kepala daerah dan wakil kepala daerah di Sumsel yang menjadi tim pemenangan pasangan capres-cawapres.

Menurut Mukti, kebanyakan kepala daerah maupun wakil kepala daerah di Sumsel, adalah ketua parpol di daerahnya masing-masing. “Namun sesuai dengan Undang-Undang (UU), pejabat atau kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang akan berkampanye harus mengajukan cuti,” terangnya, kemarin.

Namun sampai saat ini tegas Mukti, belum ada satu pun kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang mengajukan izin cuti. “Sampai saat ini, kami  belum ada menerima satu pun permohonan cuti, kemungkinan mereka juga sedang memprosesnya,” ucapnya.

Mukti juga memastikan, tidak akan ada mobilisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mendukung salah satu pasangan capres-cawapres. “Aturannya sudah jelas, PNS harus netral. Jadi jangan sampai keluar dari koridor tersebut,” tukasnya.

 

TEKS           : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *