Adrian Saptawan : Pergencar Sosialisasi Pilpres

 

PALEMBANG – Partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya saat pesta demokrasi di Kota Palembang, masih rendah. Karenanya Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang akan menggencarkan sosialisasi, untuk meningkatkan partisipasi pemilih saat Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang.

Sosialisasi tersebut kata Kepala Kesbangpol Kota Palembang, Altur Febriansyah, dilakukan kepada semua lapisan masyarakat khususnya pemilih pemula dengan sasaran paguyuban serta aparatur pemerintah.

“Kami bukan hanya mengharapkan peningkatan partisipasi pemilih, tetapi menginginkan juga pemilu damai tertib dan aman. Berdasarkan evaluasi pada Pileg lalu, cukup banyak kesalahan terjadi. Sebab itu pada Pilpres nanti, hal itu jangan sampai terulang lagi,” kata Altur yang dibincangi, Kamis (29/5).

Altur mengaku, walaupun partisipasi masyarakat Palembang pada Pileg 9 April lalu, tidak mencapai target nasional, namun ia meyakini pada Pilpres mendatang, partisipasi tersebut akan meningkat.

“Pada Pileg, partisipasi warga Palembang hanya 69,48 persen atau kurang 5 persen untuk mencapai target nasional yang minimal 75 persen dari jumlah total DPT.  Namun di Pilpres  nanti, kami optimis target tersebut bisa tercapai bahkan lebih,” tegasnya.

Dalam sosialisasi tersebut beber Altur, Kesbangpol akan melibatkan tokoh masyarakat. Sosialisasi juga dilakukan melalui media massa baik cetak maupun elektronik. “Kita juga memasang spanduk, benner dan lainnya di 16 kecamatan. Tujuannya, agar masyarakat menggunakan hak pilihnya,” ucapnya.

Sementara itu pengamat Politik dari Universitas Sriwijaya (Unsri), Adrian Saptawan mengatakan, sosialisasi memang perlu digencarkan menjelang Pilpres. Sebab kata dia, jika itu tidak dilakukan maka partisipasi pemilih justru akan semakin menurun di Pilpres.

“Di Pileg, partisipasi pemilih di Palembang rendah. Padahal calon anggota legislatif (caleg) nya, banyak dikenal masyarakat. Di pilpres, yang calonnya tidak dikenal masyarakat jika tidak dilakukan sosialisasi maka partisipasi akan kian menurun,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *