Ganti Rugi tak Kunjung Selesai, Warga Limau Datangi Pemkab Banyuasin

Puluhan warga Desa Limau, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin yang tergabung dalam Kelompok Tani Desa Limau, Kamis (22/5),  mendatangi Kantor Bupati Banyuasin.

Puluhan warga Desa Limau, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin yang tergabung dalam Kelompok Tani Desa Limau, Kamis (22/5/2014), mendatangi Kantor Bupati Banyuasin.

BANYUASIN – Puluhan warga Desa Limau, Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin yang tergabung dalam Kelompok Tani Desa Limau, Kamis (22/5),  mendatangi Kantor Bupati Banyuasin. Mereka mendesak Bupati Banyuasin, menyelesaikan konflik lahan milik warga yang kini sudah digarap PT KAM.

Kepala Desa (Kades) Limau, M Zakaria menyebut, ada sekitar 28 hektar lahan milik warga desanya yang kini sudah digarap oleh perusahaan tersebut, padahal ganti rugi belum dibayarkan.

Warga jelas Zakaria, menolak ganti rugi yang ditawarkan perusahaan tersebut. “Ganti rugi yang diberikan PT KAM, terlalu kecil. Mereka hanya mau membayar Rp 2 juta, sementara warga meminta Rp 20 juta. Walau sudah rapat berulangkali, namun persoalan ganti rugi ini belum juga selesai,” kata Zakaria.

Karenanya terang dia, warga meminta orang nomor satu di Bumi Sedulung Setudung tersebut, untuk membantu penyelesaikan ganti rugi lahan milik warga yang sudah “diserobot” oleh PT KAM. “Ini sudah tujuh kali, kami ikut rapat di kantor bupati. Namun belum juga ada penyelesaian,” ujarnya.

Ia menyebut, jika persoalan tersebut tidak juga selesai maka warga akan mengadukan nasib mereka itu ke DPRD Banyuasin. “Kalau tidak selesai juga, kami akan mengadu juga ke DPRD,” ucapnya

Sementara itu dalam rapat yang dimediasi Asisten I Pemkab Banyuasin, Husnan Bakti, dan dihadiri Kepala Bagian (Kabag)Tata Pemerintahan (Tapem) Senenhar yang di wakili Pujianto, Kepala Insfektorat Banyuasin yang diwakili Irban Azwari dan Camat Sembawa Bambang Wiyadi,  penyelesaian ganti rugi lahan warga tersebut juga mendapatkan titik terang.

 

TEKS            : DIDING KARNADI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com