Pemilih di Muaraenim Bertambah

Ilustrasi DPT

Ilustrasi DPT

MUARA ENIM – Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPU) Kabupaten Muaraenim, kemarin menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Jumlah pemilih yang masuk dalam DPS tersebut, bertambah jika dibandingkan dengan jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) lalu.

“Sebanyak 537.375 pemilih, telah terdaftar dalam DPS Pilpres Kabupaten Muaraenim. Rinciannya, 268.924 pemilih laki-laki dan 268.451 pemilih perempuan. Jumlah pemilih ini bertambah jika dibandingan dengan pemilih di DPT Pileg yang mencapai 533.027 pemilih,” kata Ketua KPU Muaraenim, Rohani ketika dibincangi, Senin (19/5).

Penetapan DPS ini, kata dia, merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam penyelenggaraan Pilpres. Jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPS tersebut jelasnya, didapatkan dari rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil pemutakhiran kabupaten/kota Pilpres.

Sementara untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) jelasnya, untuk sementara mencapai 1.377 TPS atau sama dengan jumlah TPS saat Pileg lalu. “Jumlah TPS ini, masih dapat berubah dan diketahui secara pasti sebelum ditetapkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT),” terangnya.

Sementara itu Komisioner KPU Muaraenim, Isa Ansori menambahkan, jumlah pemilih yang terdaftar di DPS tersebut masih akan berubah. Sebab KPU Muaraenim membuka kesempatan kepada masyarakat, untuk mengajukan tanggapan terhadap DPS tersebut mulai 20-26 Mei.

Setelah itu terangnya, akan dilakukan perbaikan jika terdapat kekeliruan dan akan dilakukan penambahan jika ada pemilih yang belum tercantum. “Perbaikan DPS, akan dilakukan 27 Mei-2 Juni, “ jelasnya.

Setelah DPS diumumkan, maka KPU Kabupaten Muaraenim terangnya akan melaksanakan tahapan berikutnya, yakni melakukan penyempurnaan atau perbaikan untuk kemudian ditetapkan dalam bentuk DPS Hasil Perbaikan (DPSHP).

“Rakapitulasi dan penetapan di KPU Kabupaten Muaraenim dari 7 –  9 Juni 2014. Kita berharap masyarakat, dapat mencermati DPS ini. Sehingga diharapkan seluruh masyarakat di Kabupaten Muaraenim, yang memiliki hak pilih sudah tercantum dalam DPT nantinya,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *