Empat Hari Air Tidak Mengalir

Ilustrasi

Ilustrasi

MUARAENIM – Warga Kelurahan Air Lintang, Muaraenim, mengeluhkan pasokan air bersih dari PDAM Lematang Enim. Sebab sudah empat hari terakhir, warga nyaris tidak mendapatkan pasokan air bersih yang diduga disebabkan kebocoran pada pipa distribusi.

“Saya sudah tiga hari, tidak dapat air. Tidak tahu apa penyebabnya,” keluh Hasan (40), salah seorang warga Air Lintang, Muaraenim yang dibincangi Kabar Sumatera, Senin (12/5/2014).

Menurut Hasan, akibat sudah beberapa hari air tidak mengalir, keluarganya benar-benar kesulitan terutama untuk keperluan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK). Sebab untuk kebutuhan air bersih, ia hanya mengandalkan air dari PDAM, tidak ada sumur. Jika kondisi ini terus terjadi, terpaksa kata Hasan, ia harus membeli air bersih.

“Bukan hanya saya yang tidak dapat air bersih, tetapi juga di rumah warga lainnya. Kemungkinan besar ini dikarenakan pipa distribusi yang bocor, apalagi kemarin ada petugas PDAM yang menggali di depan rumah saya, tetapi pastinya saya tidak tahu,” ucapnya.

Akibat distribusi air PDAM yang ngadat tersebut, kata Hasan, banyak warganya berbondong-bondong membeli mesin air, karena mereka mengira airnya kecil sehingga perlu dibantu mesin air untuk menyedot. Tetapi ternyata memang airnya kecil, diduga penyebabnya karena banyak pipa yang bocor. “Katanya sudah ada pipa baru, tapi tidak tahu masih bocor juga,” ucapnya.

Senada  dikeluhkan oleh Rian (41), warga BTN Darusalam, Muaraenim. Ia mengatakan, aliran air PDAM memang sudah beberapa pekan terakhir tidak lancar, meskipun mengalir tetapi airnya kecil.

Akibatnya warga terpaksa beli mesin air untuk membantu menyedot, namun ternyata aliran air masih tetap kecil karena selain memang debitnya kecil, juga hampir setiap rumah menggunakan mesin air untuk memyedot, jadi terkesan seperti berlomba.

Kepala PDAM Lematang Enim, Tony ketika dikonfirmasi, mengaku pihaknya belum mengetahui adanya keluhan tersebut, sebab pihaknya seperti biasa mengalirkan air. Namun “Saya akan segera melakukan pengecekan ke lapangan atas keluhan tersebut,” ucapnya.

 

TEKS              : SISWANTO

EDITOR          : DICKY WAHYUDI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *