Perampok 6 Kilogram Emas Terus Diburu

Ilustrasi

Ilustrasi

PALEMBANG – Terkait perampokan toko emas Lemabang jaya, dengan kerugian sebesar Rp 6 Milyar, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel), Polda Riau, Polda Bengkulu, Polda Jambi dan Polda Lampung, akan terus memburu pelaku perampkan dan tidak akan berhenti, hingga pelakunya bisa ditangkap.

Hal ini diungkapkan Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, Inspektur Jendral Polisi (Irjend Pol) Saud Usman Nasution, usai melaksanakan ibadah sholat Jumat, di Masjid Mapolda Sumsel, Jumat (9/5) pukul 13.00 WIB.

“Pelaku perampok emas yang beraksi di kawasan Sungai Pinang Banyuasin dan Lemabang Palembang kini diburu oleh empat polda sekaligus. Ini dilakukan karena adanya dugaan pelaku perampokkan sindikat antar pulau,” jelas Saud.

Adanya dugaan pelaku perampokan merupakan sindikat antar pulau, lanjut Saud, karena adanya persamaan peristiwa. Di Pekanbaru, misalnya, juga pernah ada peristiwa perampokan toko emas yang kejadiannya sama persis dengan di Palembang.

Pelakunya mengenakan senpi dan beraksi di siang hari. Ini yang membuat indikasi pelaku perampokan di Palembang merupakan sindikat perampok antar pulau.

Masih kata Saud, Polda Sumsel juga sudah kordinasi dengan Mabes Polri. Menurut Saud, Mabes Polri kini sudah membentuk tim khusus untuk membantu mencari keberadaan pelaku.

Selain sedang gencar-gencarnya mencari pelaku, Saud juga menghimbau kepada seluruh pemilik atau pengelola toko berskala besar untuk memfasilitasi toko dengan peralatan. Bisa dengan menggunakan jasa satpam atau memasang CCTV.

“Kita juga akan mengevaluasi jajaran Polda Sumsel apakah sudah ada kebosanan atau tidak dalam menjalani tugas. Pasalnya, saat perampokan terjadi, ada anggota di lapangan namun tidak berbuat apa-apa. Ini yang akan kita evaluasi ke depannya,” kata Saud.

Seperti diberitakan sebelumnya, kawanan perampok bersenjata api (Senpi) mengumbar tembakan dan menggasak toko emas emabang Jaya, yang terletak di Jalan RE Martadinata, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, Minggu (27/4).

Pristiwa perampokan yang terjadi disiang bolong ini, terjadi sekitar pukul 12.30 WIB, disaat tempat kejadian perkara (TKP) dalam keadaan ramai pengunjung. Dengan beraninya kawanan perampok yang berjumblah empat orang dan memakai penutup wajah ini, masuk kedalam toko untuk mengambil puluhan kilogram emas yang terpajang di eltalase toko.

 

Teks : Oscar Ryzal

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *