BPK Data Kendaraan Pemkab

Ilustrasi Mobil Dinas

Ilustrasi Mobil Dinas

INDRALAYA – Padan Pemeriksan Keuangan (PBK), RI perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (7/5/2014), berkunjung ke Kantor Pemerintrah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir. Kunjungan tersebut untuk pemeriksaan terhadap asset daerah berupa  barang bergerak yakni sebanyak 1066 kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Kepala Inspektorat Pemkab OI Syamsul Bahri melalui Sekretaris  Rositawaty mengatakan, pemeriksaan asset daerah  oleh BPK sudah berlangsung 22 April lalu hingga 23 Mei mendatang.

Menurutnya, dalam pemeriksaan asset kendaraan tersebut  mulai dari cek fisik , surat menyurat kendaraan, cocok atau tidak sesuai yang dilaporkan selama ini. Intinya asset tersebut apakah ada secara fisik.

“Kalau secara fisik tidak ada lagi tentu harus ada berita acaranya hilang atau bagaimana,” katanya.

Sementara itu, Kabag Perlengkapan Pemkab OI, Syamsu Ardi menambahkan,  berdasarkan data jumlah asset kendaraan roda dua dan empat milik Pemkab OI tercatat 1066 kendaraan termasuk didalamnya asset yang dipinjam pakai, seperti  yang ada di Polres, DPRD.

“Namun yang menjadi persoalan tidak semua asset kendaraan itu lengkap surat menyuratnya seperti BPKP (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) yang diberikan Propinsi maupun pusat. Selama ini bantuan kendaraan yang diberikan oleh propinsi dengan pusat tidak disertai dengan BPKP ikut diserahkan,’’ ungkap Syamsul Ardi.

Untuk itu pihaknya, akan segera jemput bola yakni dengan menginstruksikan dinas terkait agar mengambil surat-surat kendaraan yang akan menjadi laporan bagi BPK.

Terpisah, Sekda Ogan Ilir H Sobli mengatakan, kedatangan BPK RI Perwakilan Sumsel untuk memeriksa kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Tahun ini kita targetkan WTP dapat kita raih, selama ini kita hanya selalu meraih WDP (wajar dengan pengeculian), kalau itu berhasil artinya sebagai kado manis buat H Mawardi Yahya yang akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati OI,’’ singkatnya.

 

TEKS   : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *