Perbaikan Jalan TAA Ditargetkan Tuntas Tahun Ini

Kondisi jalan menuju Pelabuhan Tanjung Api api yang rusak parah, beberapa waktu lalu. keluhan pengguna jalan akan segera usai setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan perbaikan jalan tersebut, akan segera di tuntaskan tahun ini juga. Dan perbaikannya, dianggarkan dana mencapai Rp 95 miliar. Foto : Bagus kurniawan/KS

Kondisi jalan menuju Pelabuhan Tanjung Api api yang rusak parah, beberapa waktu lalu. keluhan pengguna jalan akan segera usai setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan perbaikan jalan tersebut, akan segera di tuntaskan tahun ini juga. Dan perbaikannya, dianggarkan dana mencapai Rp 95 miliar. | Foto : Bagus kurniawan/KS

PALEMBANG – Keluhan terhadap kerusakan parah yang terjadi di Jalan Tanjung Api-Api (TAA), tampaknya segera usai. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan perbaikan jalan tersebut, akan segera dilakukan pada tahun ini juga sehingga akan tuntas secara keseluruhan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga (BM) Sumsel, Rizal Abdullah, proses tender perbaikan jalan tersebut sedang dilakukan. Untuk perbaikannya, dianggarkan dana mencapai Rp 95 miliar.  “Juni, diprakirakan perbaikan Jalan TAA sudah mulai bisa dilakukan,” kata Rizal yang dibincangi, kemarin.

Tahun ini jelas Rizal, jalan yang akan diperbaiki sepanjang 68 kilometer (km), dengan titik kerusakan terbilang menyebar di sepanjang jalan atau merata. Perbaikan jalan tersebut terangnya, amat penting dilakukan lantaran TAA akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Rencananya juga, jalan non status ini akan diusulkan Pemprov Sumsel untuk menjadi jalan nasional. Namun, untuk sementara waktu Dinas PU BM tetap melakukan perawatan meski tidak memiliki kewajiban mengikat, lantaran memang kepemilikikan jalan itu masih belum ditentukan.

“Jalan non status tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Jadi siapapun wajib melakukan pengawasan, tidak hanya nasional, provinsi dan kota juga perlu menjaganya. Apalagi, jalan itu menjadi prioritas kita yang dapat bersumbangsih besar meningkatkan perekonomian di Sumsel,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, selain memperbaiki jalan yang dan berlubang. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu penerangan. “Kita juga harus melihat listrik. Disepanjang jalan ini, harus dibangun penerangan jalan mengingat saat ini masih gelap dimalam hari,” tukasnya.

 

TEKS              : IMAM MAHFUZ

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *