2014, Pemkab PALI Akan Terima CPNS

cpns

PALI – Kurangnya tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) di dalam Jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), membuat daerah otonomi baru (DOB) yang baru genap berusia satu tahun ini, akan membuka penerimaan CPNS secara besar-besaran di tahun 2014 ini, untuk mencukupi kekosongan di setiap SKPD.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten PALI, Yuhairudin SE, kemarin.

Dirinya memastikan pada tahun 2014 ini, pemerintah Kabupaten PALI akan menyelengarakan penerimaan Calon PNS melalui jalur umum sebanyak 2000 pegawai.

“Ya, ada 2000 baru diusulankan a ke Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB,red). Namun, kita belum tahu berapa yang disetujuinya. Harapan kita semuanya bisa direalisasikan, karena kita saat ini sangat membutuhkannya untuk mengisi kekosongan yang ada,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk waktu yang tepat sendiri pihaknya belum bisa memastikan kapan akan di gelar pengadaan CPNS ini. Namun, pihaknya memastikan untuk tahun ini pengadaan CPNS tersebut tidak akan ditunda, karena semua berkas sudah diserahkan ke MenPAN, tinggal menunggu realisasinya.

“Kita tinggal tunggu realisasinya, apakah semuanya di setujuhi atau sebagian. Yang jelas kita saat ini sangat kekurangan SDM dari CPNS ini. Yang pasti penerimaan jalur umum untuk CPNS ini kita pastikan dibuka di tahun 2014 ini untuk yang pertama diselenggara,” tukasnya.

Untuk sistem seleksi yang akan digunakan nanti, Yuhairudin menjelaskan akan diterapkan sistem CAT (Computer Assites Test). Sistem seleksi seperti ini peserta tes akan dites menggunakan komputer. Setiap peserta tes akan menjawab soal-soal melalui komputer yang disediakan panitia. “Hasil tes akan langsung diketahui beberapa saat setelah tes berlangsung,” tuturnya.

Namun kepastian penggunaan sistem CAT ini, menurut Yuhairudin masih menunggu kepastian dari KemenPAN RB. “Kepastiannya masih menunggu keputusan MenPAN RB. Tapi berdasarkan rakor di kemenPAN di jakarta beberapa waktu lalu, mulai 2014 penerimaan CPNS akan diterapkan sistem CAT bagi seluruh Indonesia,” pungkas Yuhok, panggilan akrabnya.

Teks : Indra Setia Haris

Editor : Junaedi Abdillah




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com