Kebersihan, Tanggungjawab Bersama

PAGARALAM – Menjelang masa penilaian tahap dua (P2) Adipura 2014 yang akan dilaksanakan oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup melalui Pusat Pengelola Ekorigion (PPE) Sumatera, jajaran Pemerintah KotaPagaralam dalam hal ini Satuan Pengendali Bahaya Kebakaran (PBK) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), giatkan pembersihan disejumlah titik pantau Adipura.

Kegiatan ini berlangsung dengan melakukan penyemprotan disejumlah drainase dan badan jalan yang berada dikawasan Terminal Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan.

“Semua ini dilakukan bukan semata-mata hanya menjelang penilain kedua (P2) Adipura saja, tapi pembersihan sejumlah badan jalan dan drainase guna mewujudkan kebersihan lingkungan pasar dan terminal,” kata Kepala BPBD Kota Pagaralam, Herawadi SSos, didampingi staf Hupis Haerologi SE,  kemarin (24/4/2014).

Menurutnya, kegiatan penyemprotan dilakukan untuk mewujudkan lingkungan bersih sekaligus mengiatkan kebersihan disejumlah titik pantau Adipura. Selain itu, kondisi sejumlah dreinase maupun badan jalan dipandang perlu, mengingat kondisi saat ini sudah terlihat kotor akibat banyak ditumpuki sampah kertas dan plastik. Sebab itu, pihaknya menerjunkan 2 unit armada  untuk membersihkan lokasi yang ada, terutama di sejumlah drainase yang banyak dipenuhi sampah.

“Kita melibatkan sedikitnya 40 personil dan 2 unit armada PBK dalam kegiatan kebersihan disejumlah siring maupun badan jalan dikawasan Terminal Terminal Nendagung,” terangnya.

Hupis menambahkan, kegiatan pembersihan ini dilakukan guna memotivasi masyarakat luas agar dapat mewujudkan lingkungan bersih  dan sehat. Sehingga melalui upaya yang digerakan personil PBK ini dapat mendorong warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing.

“Kegiatan pembersihan ini hendaknya dapat memotivasi masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Mengingat kebersihan lingkungan mulai dari tempat tinggal masing-masing merupakan tanggungjawab kita bersama,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Pagaralam, Agus Ahmad SE mengatakan, menjelang penilaian kedua (P2) Adipura 2014,  yang akan dilaksanakan oleh pihak Kementrian Lingkungan Hidup melalui Pusat Pengelola Ekorigion (PPE) Sumatera, jajaran Pemerintah Kota Pagaralam tengah mengiatkan pembersihan disejumlah titik pantau. Adapun titik pantau penilaian kedua (P2)  Adipura 2014 sebanyak 161 titik pantau.

“Pembenahan disejumlah titik pantau terus digencarkan. Diharapkan dalam penilain itu nantinya  dapat mengukir kembali prestasi penghargaan bagi kota kecil di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan,” ujarnya singkat.

 

Teks     : ANTONI STEFEN

Editor    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *