Peringati Hari Kartini, XL West Gelar Donor Darah

PALEMBANG – XL Regional Sumatera (West) menggelar kegiatan donor darah. Acara yang digelar serentak di 3 kota besar, Medan, Pekanbaru dan Palembang ini adalah dalam rangka peringatan dan bertepatan dengan Hari Kartini. Event bertajuk “Darah Kartini, Dari Perempuan Masa Kini” dilangsungkan di masing-masing kantor, Graha XL di ketiga kota tersebut.

Di Palembang, selain donor darah, XL juga menyelenggarakan talkshow kesehatan tentang deteksi dini kanker pada anak. Acara donor darah kali ini terselenggara berkat dukungan dan sinergi dari berbagai mitra partner atau rekanan, media, komunitas dan pelanggan setia XL serta masyarakat luar yang sekaligus berpartisipasi sebagai pendonor.

GM Sales Operations XL Sumbagsel, Moch Sofyan Rambe mengatakan, banyak yang memanfaatkan momen peringatan Hari Kartini untuk berbagi dengan sesama. Seperti yang kita lakukan di tahun ini, berupa donor darah. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terutama di bidang kesehatan.

“XL mengajak segenap masyarakat untuk mau sadar dan peduli dengan kegiatan sosial kemanusiaan seperti mendonorkan darahnya, mengingat setetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Selain itu acara seperti ini juga dapat menjadi sarana untuk terus menjaga jalinan tali silaturahmi yang baik antara XL dengan mitra/rekanan XL,” terangnya, Senin (21/4)

Meskipun pendonor tidak dikhususkan hanya perempuan, namun tema yang diusung menunjukkan ketangguhan kaum perempuan di masa kini. Partisipasi perempuan bisa diwujudkan melalui aksi donor darah yang saat ini merupakan sebuah trend yang patut didukung dan disebarluaskan untuk meningkatkan  rasa kepedulian demi kemanusiaan.

“Hasil donor darah disumbangkan langsung ke PMI setempat untuk selanjutnya didistribusikan ke pasien atau penderita yang membutuhkan. Bagi pendonor, banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui aksi donor darah. Diantaranya, secara tidak langsung pendonor telah melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh,” katanya.

Apalagi bagi pendonor reguler, yang melakukannya rutin setiap tiga bulan sekali, itu berarti pemeriksaan kesehatan menjadi rutin, meliputi pemeriksaan tekanan darah, nadi, suhu tubuh, tinggi dan berat badan, hemoglobin, penyakit dalam, hingga hepatitis dan HIV.

“Selain itu, juga dapat menurunkan faktor risiko terkena penyakit berat di kemudian hari,” tutupnya.

 

TEKS : AMINUDDIN

EDITOR : ROMI MARADONA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *