Seni Budaya Harus Ditumbuhkembangkan

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo bermain BARONGAN

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo bermain BARONGAN

PALI – Seni budaya Barongan atau kuda lumping masih menjadi seni yang digemari di Talang Ubi. Hampir setiap hajatan yang diadakan warga, seni barongan menjadi favorit sebagai hiburan yang disajikan.

Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten PALI yang pertama, Panitia Pelaksana pun menggelar Pertunjukan Seni Barongan di Sanggar Pramuka Pendopo, Sabtu (19/4/2014). Ratusan warga berduyun-duyun menyaksikan seni budaya yang berasal dari Pulau Jawa tersebut.

Pagelaran Seni Barongan kali ini, terbilang istimewa. Penjabat Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo, ikut tampil bersama penari barongan asli asal Kelompok Karya Makmur Talang Ubi. Meskipun baru pertama kali tampil, orang nomor satu dikabupaten PALI itu mampu mengimbangi penari asli. Bahkan Heri Amalindo sempat naik keatas bahu salah satu pemain barongan.

Seusai tampil, Heri Amlindo mengaku puas mampu turut ambil bagian menghibur masyarakat. “Alhamdulillah bisa ikut menghibur warga,” ujar Heri yang hari itu mengenakan penutup kepala khas penari barongan.

Heri juga menyampaikan bahwa seni budaya yang tumbuh di masyarakat harus ditumbuh-kembangkan. Karena seni budaya juga merupakan salah satu dari tiga tangkai kegiatan yang bisa mengharumkan nama kabupaten PALI. “Ada tiga kegiatan yang sering ditampilkan diluar daerah yang bisa mengharumkan nama kabupaten kita ini. Pertama Pendidikan, kedua Olahraga dan ketiga Kesenian” ujarnya.

Dengan memiliki siswa berprestasi dan atlet berprestasi akan mengahrumkan nama kabupaten PALI. Demikian juga dengan kesenian dan kebudayaan. “Karena itu kami sangat memberikan perhatian bagi kegiatan kesenian dan kebudayaan seperti ini,” ungkap Heri.

 

Teks     : INDRA SETIA HARIS

Editor    : JUNAEDI ABDILLAH




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *